Terungkap, Ini Identitas Pria yang Membuang Sesajen di Semeru

Sosok pria yang membuang sesaji di Semeru (Foto / istimewa) Sosok pria yang membuang sesaji di Semeru (Foto / istimewa)

LUMAJANG : Aparat kepolisian telah mengantongi identitas pria yang menendang dan membuang sesajen di Gunung Semeru. Dia adalah Hadfana Firdaus (32), warga Dusun Tarang Tereng, Kelurahan Tirtanadi, Kecamatan Labuham Haji, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Saat ini polisi terus melakukan berbagai upaya untuk mengamankan pria tersebut.

"Identitasnya kami sudah tahu," kata Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti.

Eka mengatakan timnya dipastikan telah berusaha menghubungi yang bersangkutan. Dia pun meminta masyarakat tetap tenang dan tak terprovokasi dengan ulah sang relawan tersebut. "Kita juga menelusuri melalui sosial medianya," katanya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jatim Gatot Repli Handoko juga mengaku tengah memburu pria tersebut. Bahkan, pihaknya juga telah membentuk tim khusus untuk mengungkapnya. Sementara itu, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Lumajang telah melaporkan pria tersebut ke polisi.

Langkah ini diambil setelah beredar adanya dugaan identitas pria pembuang sesaji di kaki Gunung Semeru tersebut. Perwakilan LBH Ansor Miko membenarkan, pihaknya bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor Lumajang melaporkan pembuangan sesajen ke Polres Lumajang. GP Ansor merasa, adanya kasus video pembuangan sesajen tersebut sangat meresahkan warga dan berpotensi memecah belah umat.

Baca Juga : Relawan Pembuang Sesajen di Semeru Dipolisikan

"Iya kita hari ini lapor ke Polres Lumajang, dalam peristiwa tersebut kita pakai UU ITE pasal 28 ayat 2 dan KUHP Pasal 56 bagian A," ujar Miko, saat dihubungi wartawan.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video pembuangan sesaji di kawasan Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang viral beredar di media sosial. Ada dua video yang beredar berdurasi 30 detik dan 20 detik. Tampak di dua video itu, pria dengan menggunakan pakaian abu-abu, rompi hitam, dan penutup kepala berwarna hitam membuang dan menumpahkan beberapa sesaji.

Sesaji berupa beras, bunga, pisang, yang diletakkan di sebuah tempat dibuang pria yang bersangkutan. Bahkan di video yang dilihat tersebut, pria ini mengambil sebuah sesaji yang diduga dijadikan rangkaian sembahyang agama Hindu. Sebab terlihat sesaji berupa canang sari diambil dari tempat persembahyangan kecil agama Hindu yang biasanya ada di rumah-rumah, atau desa.

 


(ADI)

Berita Terkait