Jajal Aspal Silverstone, Marquez Melesat Hingga Motor Hancur

Marc Marquez mencatat waktu tercepat saat melesat di Sirkuit Silverstone, Inggris (Foto / Reuters) Marc Marquez mencatat waktu tercepat saat melesat di Sirkuit Silverstone, Inggris (Foto / Reuters)

JAKARTA : Hasil latihan bebas 1 MotoGP Inggris 2021 telah selesai. Pembalap Repsol Honda Marc Marquez, tampil sebagai yang tercepat dengan waktu 2 menit 0,941 detik. Marquez berhasil mencatatkan waktu terbaik meski sempat mengalami kecelakaan parah di Sirkuit Silverstone, Inggris tersebut.

Sesi latihan bebas pertama GP Inggris 2021 dibuka dengan hadirnya rider pengganti Petronas Yamaha SRT, Jake Dixon yang baru merasakan motor MotoGP. Dia tampak kesulitan menyesuaikan tenaga motor MotoGP yang tentunya sangat besar itu.

Setelah Dixon sejumlah pembalap pun memasuki lintasan Sirkuit Silverstone dan mencoba mencatakan waktu terbaik. Pada menit-menit awal, rider Marc Marquez sukses menjadi yang tercepat dan dibayangi oleh Jack Miller (Ducati Lenovo) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)

Kecelakaan menimpa rider LCR Honda, Alex Marquez di tikungan ke-12. Insiden itu menjadi kecelakaan pertama di hari ini. Nahasnya, setelah itu Jorge Martin (Pramac Ducati) juga mengalami kecelakaan di tikungan ke-12. Kecelakaan Martin bukanlah yang terakhir.

Setelah itu giliran Marquez yang mengalami insiden di tikungan kedua. Namun, kecelakaan yang dialami Marquez cukup parah sampai bendera merah alias red flag harus dikabarkan. Motor RC213V milik Honda tersebut hancur.

Untungnya Marquez selamat dan bisa berjalan usai mengalami kecelakaan tersebut. Bendera merah pun berkibar karena ada tumpahan bahan bakar di lintasan. Setelah balapan ditunda sejenak, para pembalap kembali ke lintasan.

Namun, waktu yang tinggal sedikit membuat tak banyak pembalap yang berhasil mencatatkan waktu tercepat. Sehingga, Marquez yang sebelum kecelakaan mencatakan waktu terbaik memastikan diri menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas pertama.

Lalu di posisi kedua dikuasai oleh pembalap Aprilia Gresini, Aleix Espargaro, Kemudian di peringkat ketiga ditempati oleh Fabio Quartararo. Sementara itu Valentino Rossi masih melempem dan harus puas berada di urutan ke-16.

 


(ADI)

Berita Terkait