Penalti Keren Jorginho Saat Italia Singkirkan Spanyol, Ini Rahasianya!

Jurginho usai mengeksekusi penalti. (ist) Jurginho usai mengeksekusi penalti. (ist)

CLICKS: Gelandang Italia Jorginho menjadi buah bibir saat adu penalti melawan Spanyol dalam babak semifinal EURO 2020 di Stadion Wembley, Rabu dini hari, 7 Juli 2021.

Di depan ribuan penggemar Gli Azzurri, gelandang Chelsea itu bisa dikatakan hampir sempurna dalam mengeksekusi bola dari titik penalti. Mantan pemain Hellas Verona itu terlihat sangat tenang dan keren dalam melakukan tugasnya.

Padahal Jorginho menjadi penentu sebagai algojo terakhir setelah striker Spanyol Alvaro Morata gagal. Jika masuk, maka Italia lolos ke final. Namun andai gagal, adu penalti dilanjutkan lagi.

Beban berat dipundak pemain berusia 29 tahun itu sama sekali tidak terlihat. Jurginho melangkah dengan rileks dan secara tenang. Bola tidak ditendang dengan keran, justru memilih mengarahkan bola ke sudut bawah kanan gawang dengan tenaga yang sangat kecil.

BACA: Italia Melenggang ke Final Euro 2020 Usai Tundukkan Spanyol

Namun bola lemah ini justru membuat kiper Spanyol, Unai Simon salah dalam membaca arah bola. Bola meluncur pelan dan seluruh pemain dan suporter Italia berjingkrak. Hanya saya kata, penalti berkelas!

“Ketika Anda melakukan tendangan, Anda merasa beban ini jatuh dari bahu Anda! Saya mencoba untuk melupakan semua yang ada di sekitar saya, fokus pada apa yang telah saya latih untuk dilakukan, mengambil napas dalam-dalam dan melanjutkannya,” ujar Jurginho.

Jorginho juga menjelaskan kekuatan apa yang dimiliki Italia hingga bisa melaju ke partai final Euro 2020. Tim yang gagal lolos ke Piala Dunia 2018 itu, kini telah sepenuhnya berubah di bawah arahan mantan manajer Manchester City, Roberto Mancini.

“Italia tidak pernah menyerah, kami selalu percaya. Ini adalah skuat luar biasa yang pantas mendapatkan semua yang terbaik, karena kami menderita bersama, kami bermain bersama, tertawa bersama, bercanda bersama, dan seperti semua keluarga terkadang berdebat bersama, tetapi kami selalu berakhir di sana bersama, ” ujarnya.


(TOM)

Berita Terkait