Bandara Dhoho Kediri Resmi Layani Penerbangan Rute Balikpapan-Kediri

Terbang perdana maskapai Super Air Jet di Bandara Dhoho Kediri, Jawa Timur, Kamis (5/6/2024). ANTARA/ HO-Bandara Dhoho Kediri Terbang perdana maskapai Super Air Jet di Bandara Dhoho Kediri, Jawa Timur, Kamis (5/6/2024). ANTARA/ HO-Bandara Dhoho Kediri

Kediri: Bandara Dhoho Kediri, Jawa Timur, resmi memulai layanan penerbangan rute Balikpapan (Kalimantan Timur)-Kediri yang dioperasikan oleh maskapai Super Air Jet.

General Manager Bandara Dhoho Kediri, I Nyoman Noer Rohim, menyampaikan bahwa Bandara Dhoho telah melaksanakan penerbangan perdana maskapai Super Air Jet dengan nomor penerbangan IU 355, menjadikannya maskapai kedua setelah Citilink yang beroperasi di sana.

“Kami percaya bahwa bandar udara bukan hanya sebuah gerbang fisik, tetapi juga sebuah jembatan bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif," kata I Nyiman Noer Rohim dikutip dari Antara, Jumat, 7 Juni 2024.

Ia juga menambahkan bahwa peningkatan rute penerbangan, khususnya ke Balikpapan, mendukung pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

"Terbukanya akses langsung dari Balikpapan – Kediri ini menjadi salah satu komitmen kami dalam mendukung pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) baru, memperkuat hubungan perdagangan regional dan mendorong pertumbuhan bisnis dan investasi di kedua kota," ujarnya.

Berdasarkan jadwal penerbangan, Super Air Jet akan terbang pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, dengan keberangkatan dari Balikpapan pukul 12.45 Wita dan tiba di Kediri pukul 13.15 WIB. Penerbangan sebaliknya berangkat dari Kediri pukul 14.00 WIB dan tiba di Balikpapan pukul 16.30 Wita.

Pada penerbangan perdana ini, maskapai mengangkut 135 penumpang.

Nyoman berharap penerbangan perdana ini dapat mendorong pengembangan konektivitas udara yang berdampak positif pada ekonomi mikro hingga makro.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kediri dan jajarannya, pimpinan PT Super Air Jet, pimpinan PT Surya Dhoho Investama beserta jajaran, serta seluruh pemangku kepentingan di bandara atas sinergi dan kerja sama yang baik hingga saat ini.

Bandara Dhoho Kediri dioperasikan oleh Angkasa Pura I sejak 29 Maret 2023 berdasarkan kerja sama operasional dengan PT Surya Dhoho Investama (SDhI). Bandara ini dilengkapi infrastruktur penunjang seperti landasan pacu berdimensi 3.300 m x 45 m yang mampu melayani pesawat berbadan besar (wide body) Boeing 777-300ER, terminal penumpang seluas 28.000 m² dengan kapasitas 1,5 juta penumpang per tahun, apron komersial dengan kapasitas 12 pesawat narrow body dan tiga wide body, serta apron VIP dengan kapasitas empat pesawat kecil atau satu narrow body.

Angkasa Pura telah mengelola 37 bandara dan menjadi pengelola bandara terbesar ke-5 di dunia. Sebagai operator bandara, Angkasa Pura selalu berupaya memberikan layanan terbaik untuk memastikan keamanan dan kenyamanan operasional bandara bagi seluruh pengguna jasa angkutan udara.


(SUR)

Berita Terkait