Arsenio Valpoort, Striker Anyar Persebaya yang Diragukan

Arsenio Valpoort Arsenio Valpoort

SURABAYA: Persebaya akhirnya resmi mengumumkan nama Arsenio Valpoort sebagai striker baru di putaran kedua Liga. Namun jejak rekam pemain berdarah Suriname kurang menyakinkan. Mampukah Valpoort menjawab keraguan?

Nama Arsenio Valpoort diumumkan lewat akun instagram resmi Persebaya, Sabtu pagi 8 Januari 2022. Namun sejak dua pekan terakhir, namanya sudah santer disebut akan merapat ke Persebaya mengantikan posisi Jose Wilkson yang dipinjamkan ke Persela.

Pemain berusia 29 tahun ini didatangkan dari KF Egnatia,  klub Liga Albania dengan status bebas transfer. Pada 2012, Arsenio Valpoort pernah dipanggil timnas U-20 Belanda dan memainkan empat laga dengan mencetak satu gol.

BACA: Jadwal Liga 1 Hari Ini: PSM vs Madura United, Borneo Lawan Persik!

Arsenio Valpoort punya kaki kiri yang bagus dan posisi asli pemain ini adalah winger. Namun, bisa bermain sebagai penyerang tengah.

Valpoort adalah alumni Akademi SC Heerenveen adik kelas Luciano Narsingh, yang saat ini menjadi striker andalan FC Twente. Narsingh saat itu dianggap pemain berbakat dan Arsenio Valpoort dinilai jadi penerusnya.

Namun sayang, kariernya di klub profesional kurang cemerlang. Musim 2013–2014, klub elite Liga Hungaria, Ferencvaros merekrut Arsenio Valpoort. Tetapi, dia hanya semusim membela Ferencvaros karena minim kontribusi.

Valpoort  juga punya pengalaman main di Asia. Sempat memperkuat Busan IPark dari kasta kedua Liga Korea Selatan pada 2018. Namun, Arsenio Valpoort hanya memainkan 10 laga dengan catatan satu gol. Akankah bersama Persebaya, Valpoort kembali menjelma menjadi striker menakutkan seperti ketika masih muda? Kita lihat saja!


(TOM)

Berita Terkait