Jelang Perayaan Nyepi, Pantai Balakembang Malang Gelar Uparara Jalanidhipuja

Upacara Jalanidhipuja digelar di Pantai Balekambang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu 6 Maret 2024/Polres Malang. Upacara Jalanidhipuja digelar di Pantai Balekambang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu 6 Maret 2024/Polres Malang.

Malang: Pantai Balakembang, Kabupaten Malang gelar upacara Jalnidhipuja pada Rabu, 6 Maret 2024. Ritual larung sesaji ini adalah bagian dari jelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946.

Ribuan umat Hindu Dharma di Malang mengikuti upacara Jalanidhipuja. Sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur dalam ritual ini melibatkan penyelenggaraan pemujaan dan larung sesaji. 

Selain itu, sejumlah personel gabungan ikut mengamankan jalannya upacara Jalanidhipuja supaya ritual berjalan dengan damai dan khidmat. Kasubsipenmas Humas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara menjelaskan bahwa pengamanan dilakukan guna memastikan kelancaran dan ketertiban selama upacara berjalan. 

Timnya sudah menyusun strategi yang matang dengan melibatkan personel dari berbagai instansi keamanan untuk menjaga situasi tetap kondusif.

"Pantai Balekambang selalu menjadi lokasi yang dipilih untuk Upacara Jalanidhipuja menjelang Hari Raya Nyepi setiap tahunnya. Kehadiran aparat kepolisian dan unsur TNI serta tim pengamanan swakarsa menjadi bentuk komitmen kita bersama untuk memberikan rasa aman kepada umat Hindu yang melaksanakan ibadahnya," ucap Ipda Dicka, dikutip dari Medcom pada Kamis, 7 Maret 2024.

Petugas melakukan pengamanan di berbagai titik strategis di sepanjang pantai. Untuk mencegah gangguan keamanan, petugas memantau setiap pengunjung dan kendaraan yang memasuki wilayah upacara.

Selain itu, personel kepolisian ikut mengatur lalu lintas di sekitar pantai Balekambang supaya akses jalan menuju upacara berjalan lancar. Pengamanan ini dipimpin langsung Kapolsek Bantur, AKP Sutadi, yang mengkoordinasi personel gabungan dari Polsek Bantur, Polsek Donomulyono, Polsek Gedangan, Koramil 0818/12 Bantur, dan unsur pengamanan swakarsa.

"Kami berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk menjaga ketertiban dan keamanan. Semua langkah pencegahan diambil guna memastikan kegiatan ibadah berjalan dengan lancar tanpa hambatan," jelas Kapolsek Bantur, AKP Sutadi.


(SUR)

Berita Terkait