Surabaya Berpotensi Hujan Ringan Hari Ini, Muncul Gelombang Kelvin dan Rosbby

Ilustrasi Ilustrasi

SURABAYA: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan terjadi hujan di wilayah Surabaya dan sekitarnya Minggu, 2 Januari 2022.  Sementara  potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang berpontensi terjadi di sebagian wilayah Indonesia.

Melansir laman www.bmkg.go.id, situasi itu berpotensi melanda sebagian wilayah Sumatra, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT, sebagian besar wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

BMKG jmendeteksi dinamika atmosfer terkini bahwa terdapat gelombang Kelvin dan Rosbby di wilayah utara Indonesia dan Indonesia bagian timur. Dari pola angin, juga terdapat konvergensi yang memicu pertemuan dan perlambatan angin di Sumatra bagian selatan, Selat Makassar, Jawa bagian timur, Bali, NTB, dan Laut Flores.

BACA: Diduga Mabuk Saat Berkendara, Pria di Kediri Tewas Kecelakaan

"Situasi itu menyebabkan penambahan masa udara basah yang cukup signifikan di wilayah tersebut," sebut BMKG.

Situasi di sejumlah ibu kota provinsi hari ini diwarnai cuaca cerah berawan hingga hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Untuk wilayah Sumatra, potensi cuaca berawan berada di wilayah Padang.

Kemudian hujan ringan terdapat di Pekanbaru, Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung. Potensi hujan sedang terdapat di wilayah Medan, Tanjungpinang, Bengkulu.

"Potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir diprakirakan terjadi di wilayah Banda Aceh," imbuh BMKG.

Untuk Pulau Jawa potensi cuaca cerah berawan terdapat di wilayah Serang, DKI Jakarta, dan Yogyakarta. Potensi hujan ringan terdapat di wilayah Semarang dan Surabaya. Potensi hujan sedang terdapat di wilayah Bandung.

Wilayah Denpasar berpotensi hujan ringan, sedangkan Mataram berpotensi hujan sedang dan wilayah Kupang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir serta angin kencang.

Untuk wilayah Kalimantan potensi hujan ringan terdapat di wilayah Palangkaraya dan Samarinda. Potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir terdapat di wilayah Pontianak, Tanjung Selor, dan Banjarmasin.

Wilayah Sulawesi berpotensi hujan ringan terdapat di wilayah Palu, Mamuju, Gorontalo, Makassar, dan Kendari. Sedangkan potensi hujan terdapat di wilayah Manado.

Potensi hujan ringan terdapat di wilayah Ternate dan Jayapura. Potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan juga angin kencang terdapat di wilayah Manokwari dan Ambon.


(TOM)

Berita Terkait