Pemprov Jatim Kembali Gelar Mudik Gratis, Ini Syarat dan Pendaftarannya

Pemprov Jatim kembali menggelar mudik gratis di sejumlah kawasan di Jatim (Foto / Istimewa) Pemprov Jatim kembali menggelar mudik gratis di sejumlah kawasan di Jatim (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) kembali menggelar mudik Lebaran gratis bagi warga di Jatim. Sebanyak 161 armada bus disiapkan untuk program mudik gratis tahun ini. Pendaftaran mudik gratis ini dimulai Senin, 27 Maret 2023 sampai 10 April melalui website mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id. Lewat website itu, calon pemudik bisa mendaftar secara online.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, seluruh armada bus itu akan diberangkatkan dari Kota Surabaya menuju ke-17 kabupaten/kota tujuan di seluruh Jatim. Selain itu pihaknya juga menyediakan mudik gratis dengan menggunakan 1 kapal laut bagi masyarakat kepulauan. "Kapal tersebut bisa menampung 2.400 penumpang dan mengangkut 400 motor lebih dengan rute Jangkar-Raas," kat Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Senin 27 Maret 2023.

Khofifah mengungkapkan, sebelum melaksanakan pendaftaran online masyarakat harus memenuhi sejumlah persyaratan pendaftaran, di antaranya dengan mengirimkan fotokopi KTP dan KK secara online, serta sudah vaksin booster. “Pemberangakatan mudik gratis untuk area Jawa Timur akan dimulai pada tanggal 19 April 2023 dan diberangkatkan di Kantor Dinas Perhubungan Jatim Jalan Ahmad Yani, Surabaya,” ujarnya.

baca juga : 3 Pria Tewas Tertabrak Kereta Api di Malang Diduga Pengamen

Khofifah merinci, jumlah armada yang berangkat pada tanggal 19 April 2023 sebanyak 90 bus dengan tujuan di 20 kabupaten dan kota. Adapun jurusan atau rute Mudi Gratis diantaranya Surabaya – Madiun, Surabaya – Magetan, Surabaya – Ponorogo,Surabaya – Nganjuk Surabaya – Tulungagung, Surabaya – Blitar, Surabaya – Trenggalek, Surabaya – Bondowoso , Surabaya – Pacitan, Surabaya – Jember. Selain itu, juga Surabaya – Malang – Blitar, Surabaya – Banyuwangi, Surabaya – Ngawi, Surabaya – Tuban, Surabaya – Sumenep, Surabaya – Bojonegoro.

“Total bus antar kabupaten kota di Jatim yang akan diberangkatkan dari Kantor Dishub Jatim sebanyak 90 armada,” ujarnya.

Pemprov Jatim juga akan menyiapkan mudik gratis bagi masyarakat asal Jatim yang tinggal dan bekerja di Ibukota Jakarta sebanyak 34 bus. Di mana sebanyak 20 bus akan diberangkatkan pada tanggal 18 April menuju Jatim dari Jakarta.

"Tepatnya dari anjungan Jatim TMII Jakarta serta armada bus balik gratis dari Jatim menuju ke Jakarta sebanyak 14 bus," imbuh Khofifah.

Demi memperluas sasaran masyarakat yang ingin melaksanakan Mudik Gratis, Pemprov Jatim juga memberikan bantuan mudik gratis kepada stakeholder sebanyak 37 bus. Harapanya, masyarakat bisa memanfaatkan mudik gratis ini untuk berkumpul dengan keluarga ditengah pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Tahun ini diprediksi akan menjadi Hari Lebaran Idul Fitri yang begitu hangat dan berkumpul bersama keluarga di Kampung halaman di tengah pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19,” katanya.

 


(ADI)

Berita Terkait