Sah! Megawati Pilih Ganjar Jadi Capres

Ketua umum PDIP Megawati Soekarno Putri (Foto / Istimewa) Ketua umum PDIP Megawati Soekarno Putri (Foto / Istimewa)

JAKARTA : Calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan (PDIP) akhirnya diumumkan. Ketua umum Megawati Soekarno Putri memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres. Pengumuman tersebut disampaikan secara daring (dalam jaringan) di istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat 21 April 2023.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, menetapkan saudara Ganjar Pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” kata Megawati dalam agenda rapat DPP PDIP ke-140 yang Diperluas 3 Pilar.

Secara simbolis, Ganjar Pranwo juga diberi penyematan berupa kopiah oleh Megawati. Presiden RI ke-5 itu terlihat didampingi Presiden RI Joko Widodo, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto, Kepala Pengendali Situasi PDIP Prananda Prabowo, dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Diberitakan sebelumnya, terkait penetapan capres 2024 oleh PDIP, Hasto berpesan agar semua kader partai harus menyiapkan diri, baik secara ideologis hingga secara struktural. Sebab setiap saat, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri bisa menemukan momentum yang tepat untuk mengumumkan calon definitif yang akan diusung oleh partai.

baca juga : Mega Umumkan Capres PDIP Hari Ini, Ganjar Pranowo?

“Kami tegaskan kembali bahwa keputusan Capres PDI Perjuangan akan diumumkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat,” kata Hasto

Momentum yang tepat terkait pengumuman capres PDIP, kata Hasto, akan diambil setelah diiringi dengan berbagai pertimbangan. Baik itu pertimbangan terhadap dinamika dunia maupun nasional.

“Sudah mempertimbangkan berbagai kriteria-kriteria kepemimpinan diikuti dengan refleksi dan doa, berkomunikasi transendental dengan Yang Maha Kuasa,” kata Hasto.


(ADI)

Berita Terkait