Perantau Banyuwangi Diharap Jadi Stimulan Pertumbuhan Kampung Halaman

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menghadiri acara halalbihalal Ikawangi Pusat di Tangerang, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi) Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menghadiri acara halalbihalal Ikawangi Pusat di Tangerang, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

Banyuwangi: Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menegaskan berbagai prestasi yang berhasil diraih pemerintah setempat berkat kerja keras dari semua pihak, termasuk Ikatan Keluarga Banyuwangi atau Ikawangi. Ipuk mengatakan seluruh perantau asal Banyuwangi perlu ambil peran agar kampung halaman bisa semakin berkembang.

"Banyak Ikawangi yang sukses, ini bisa menjadi stimulan dan penyemangat, utamanya bagi anak-anak muda di Banyuwangi untuk berprestasi," kata Ipuk dikutip dari Antara, Senin, 6 Mei 2024.

Ia pun berharap, Ikawangi dapat menjadi inkubator bagi warga Banyuwangi untuk menumbuhkan jejaring ekonomi baru. Terutama akses menuju berbagai kota dan negara perantauan. 

"Ayo kita tingkatkan pengembangan ekonomi asli Banyuwangi dengan daerah-daerah lain," tutur Ipuk.

Ketua Ikawangi Pusat, Mayjen (Purn) Rusdi Maksum menitipkan amanat para sesepuh Ikawangi kepada Bupati Ipuk yang hadir langsung dalam acara tersebut. Para sesepuh Ikawangi menyebut Banyuwangi harus berkembang jika ingin membuktikan organisasi ini sukses. 

"Oleh karena itu, saya titip ke Ibu Bupati agar Banyuwangi bisa tetap dijaga 'keren'," ungkap Rusdi dikutip dari Antara, Senin, 6 Mei 2024.

Rusdi menyebut Banyuwangi berhasil mencetak beragam prestasi. Mulai sebagai kabupaten terinovatif, kabupaten berkinerja terbaik, hingga beragam hasil lain. Ia pun ingin agar prestasi tersebut dapat dipertahankan sehingga warga dapat merasa lebih bangga menjadi masyarakat Banyuwangi.

Dalam acara tersebut, dihadiri juga oleh ratusan warga Banyuwangi dari berbagai koordinator wilayah, di antaranya Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang Selatan, Tangerang Raya, dan Cilegon-Merak-Serang.

Para tokoh yang hadir pun ada sejumlah tokoh nasional berdarah Banyuwangi, seperti Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Menteri Pariwisata 2014-2019 Arief Yahya, Bambang Sugiyono (sesepuh Ikawangi), Komjen Pol Susno Duadji (Kabareskrim RI 2008-2009), dan tokoh lainnya.


(SUR)

Berita Terkait