Hari Ini, KAI Daop Surabaya Buka Pemesanan Tiket KA Lebaran

Aktivitas penumpang KA di Stasiun Gubeng, Surabaya. Foto: Antara/HO-Daop 8 Surabaya Aktivitas penumpang KA di Stasiun Gubeng, Surabaya. Foto: Antara/HO-Daop 8 Surabaya

SURABAYA: PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mulai membuka penjualan tiket kereta api (KA) untuk mudik Lebaran 2022. Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, dan seluruh saluran resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan pemesanan tiket mudik Lebaran 2022 diperpanjang dibanding tahun sebelumnya. Pada 2021, masa pembelian tiket dilakukan H-30 sebelum Lebaran 2021.

Saat ini, pemesanan tiket dapat dilakukan hingga H-45 Lebaran 2022. Sehingga calon pemudik dapat membeli tiket perjalanan pada hari ini untuk keberangkatan 16 Mei 2022, dan seterusnya.

"Kalau dulu, beli tiket hari ini hanya bisa untuk keberangkatan 30 hari ke depan," kata Luqman, dilansir dari Antara, Jumat, 1 April 2022.

Luqman mengatakan tiket KAI dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, dan seluruh saluran resmi penjualan tiket KAI lainnya. Dia mengingatkan kepada calon pemudik agar memperhatikan pemilihan tanggal, relasi, dan informasi data diri saat melakukan pemesanan tiket KA.

BACA: Mulai 4 April Kendaraan Dilarang Melintas Jembatan Oka Bawes Pasuruan, Ini Penyebabnya

"Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju ke stasiun. Jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa mudik Lebaran," tutur dia.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti perkembangan terkait persyaratan yang harus dipenuhi saat menggunakan KA di masa Angkutan Lebaran 2022. Pihaknya juga masih menunggu aturan resmi dari pemerintah pusat.

"Akan segera kami sosialisasikan jika aturan tersebut diterbitkan,” ujar Luqman Arif.

Kapasitas tempat duduk KA jarak jauh

KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran, yakni H-10 sampai dengan H+10 Lebaran atau pada 22 April 2022 hingga 13 Mei 2022. Pada periode tersebut, KAI memprogramkan perjalanan KA rata-rata 39 KA jarak jauh per hari dengan kapasitas 23.490 tempat duduk.

Sesuai aturan pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA jarak jauh, yaitu 100 persen. Hingga Kamis, 31 Maret 2022, KAI telah menjual sebanyak 12.113 tiket KA jarak jauh untuk keberangkatan periode dengan 22 sampai 30 April 2022 atau 5,7 persen dari total tiket yang disediakan. 


(UWA)

Berita Terkait