Motor Terbakar, Penimbunan BBM di Probolinggo Terbongkar

Polisi menemukan puluhan jirigen berisi BBM yang disembuyikan di semak-semak/metrotv Polisi menemukan puluhan jirigen berisi BBM yang disembuyikan di semak-semak/metrotv

PROBOLINGO: Polisi di Probolinggo, Jawa Timur berhasil mengungkap penimbunan puluhan jerigen berisi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Tak hanya itu, lima motor modifikasi milik penimbun juga ditemukan.

Puluhan jerigen berisi BBM subsidi jenis pertalite dan solar yang  berhasil ditemukan  Unit Reskrim Polsek Paiton di semak-semak lahan kosong Jalan Raya Paiton-Probolinggo, Jawa Timur, Selasa malam, 6 September 2022.   

Pengungkapan kasus ini berawal saat petugas berpatroli melihat salah motor milik penimbun BBM mengalami kebakaran. Dengan menggunakan senter, sebanyak 65 jerigen yang sengaja disembunyikan oleh para tengkulak akhirnya ditemukan polisi.

BACA: Curi Elpiji Milik Tukang Bakso, Pria di Jember Babak Belur

"Awalnya petugas yang bepatroli melihat motor terbakar. Saat didekati malah kabur, setelah itu kita temukan puluhan jirigen berisi BBM diseyembunyikan di semak-semak, " ujar IPTU Maskur Ansori, Kapolsek Paiton.

Diketahui, para tengkulak ini menggunakan motor yang tangkinya sudah dimodifikasi untuk mendapatkan BBM subsidi dari sejumlah SPBU di sepanjang jalur pantura Kraksaan-Paiton. BBM yang didapat langsung dipindah ke jerigen untuk ditimbun dan dijual kembali.

Untuk proses penyelidikan lebih lanjut, puluhan jerigen berisi BBM ilegal diamankan. Selain lima motor milik tengkulak yang ditinggalkan di lokasi juga diangkut petugas, meski para pemiliknya berhasil melarikan diri.

"Pelakunya masih kita cari termasuk siapa saja petugas SPBU yang mengisi BBM subsidi dengan jumlah yang cukup besar tersebut, " ujarnya.


(TOM)