Wajib Tahu! Ini 7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com

Jakarta: Tomat merupakan salah satu buah yang digemari banyak orang. Buah merah yang ukurannya tidak terlalu besar ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Tomat bisa dikonsumsi sebagai camilan atau dicampur dalam masakan. Tomat juga cocok dinikmati sebagai jus. Dalam sebuah tomat mengandung kalori yang cenderung rendah. Namun, kaya akan nutrisi. 

Dinukil dari Health.com, ada 7 manfaat tomat yang patut diketahui. Berikut ulasannya:

1. Sumber vitamin

Satu tomat dapat menyediakan sekitar 40% dari kebutuhan vitamin C harian seseorang. Tomat juga mengandung vitamin A, K, dan kalium. 

Tak hanya itu, kandungan nutrisi utama pada tomat dapat menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan serta fungsi jantung. 

Baca juga: 10 Efek Samping Mengonsumsi Kopi Setiap Hari pada Kesehatan

2. Baik untuk jantung

Warna merah pada tomat dihasilkan dari kandungan antioksidan bernama likopen. Penelitian menunjukkan mengonsumsi tomat lebih ampuh untuk menjaga kesehatan jantung dibanding mengonsumsi suplemen likopen.

3. Baik untuk penglihatan

Selain jantung, likopen juga baik untuk kesehatan mata. Selain itu, tomat juga mengandung lutein dan beta-karoten yang dapat mendukung penglihatan dan mengurangi risiko katarak serta degenerasi makula.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Carian dan serat sangat membantu orang-orang yang rentan terkena sembelit. Tetapi, perlu diingat bahwa pada beberapa orang, keasaman tomat yang dimasak justru dapat memicu refluks asam atau gangguan pencernaan.

Baca juga: Bayam hingga Kacang Hijau, Ini 6 Sayuran Sehat yang Wajib Dikonsumsi

5. Membantu manajemen diabetes

Tomat dapat menjadi makanan pelindung bagi penderita diabetes tipe 2 atau jenis diabetes yang paling sering terjadi. Diabetes tipe 2 sendiri merupakan kondisi ketika kadar gula darah melebihi nilai normal akibat resistensi insulin.

6. Menjaga kesehatan kulit

Studi pada 2011 menemukan bahwa kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Ramuan ini juga bisa meningkatkan produksi pro-kolagen, sebuah molekul yang memberi struktur kulit dan membuatnya tetap kencang dan awet muda.

7. Mengurangi risiko kanker

Studi observasional telah menemukan senyawa superstar likopen dalam tomat ternyata mengurangi kasus kanker prostat, ovarium, paru-paru, dan perut.


(UWA)

Berita Terkait