Berdatangan, Tim Rescue NasDem Bantu Evakuasi Korban Erupsi Semeru

Ketua DPD NasDem Lumajang bersama tim rescue. (ist) Ketua DPD NasDem Lumajang bersama tim rescue. (ist)

LUMAJANG: DPW NasDem Jawa Tengah menerjunkan tim Badan Rescue NasDem ke wilayah Lumajang untuk bergabung bersama tim relawan lainnya untuk penanganan korban erupsi Gunung Semeru.

Koordinator Tim Rescue NasDem Jateng, Dono Iswadi, mengatakan, ada lima orang personel dan sudah berangkat pada Minggu malam dan telah tiba di Kantor DPD NasDem Lumajang sejak Senin pagi.

“Alhamdulillah kita sampai dengan selamat dan diterima langsung oleh Ketua DPW NasDem Jawa Timur Kakak Janet dan Kakak Charles sekitar pukul 09.00 pagi tadi,” kata Dono, Selasa, 7 Desember 2021.

BACA: Pilu, Relawan Nasdem Temukan Jenazah Ibu Gendong Anaknya Tertimbun Lahar Semeru

Dono menjelaskan, tim Rescue NasDem Jateng merupakan personel pilihan yang memiliki kemampuan lebih dalam penanganan bencana. Tim ini siap untuk diterjunkan ke berbagai lokasi bencana termasuk mitigasi bencana erupsi Gunung Semeru.

BACA: Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas

Dijelaskan, hingga saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan koordinator lapangan Badan Rescue NasDem Jatim untuk melakukan pemetaan wilayah rescue dan pembagian tugas misi kemanusiaan tersebut.

“Kami masih menunggu instruksi dan koordinasi dengan Kak David Handoko Seto. Rencananya malam ini kita akan bertemu Kak David untuk membagi tugas dan mengetahui kondisi lapangan,” ujar Dono.

Menurut Dono, meski baru tiba di lokasi bencana pihaknya sudah siap bergabung dengan relawan lainnya demi memperkuat bantuan untuk menyelamatkan warga terdampak letusan Semeru.

“SOP-nya ke koordinator kabupaten, tapi kita nginduk ke NasDem. Di sini juga banyak teman-teman relawan dari berbagai daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Badan Rescue NasDem Jatim yang sudah terjun di lokasi sejak hari Minggu lalu telah membantu evakuasi korban letusan Gunung Semeru. Dalam penyisirannya, relawan Badan Rescue NasDem bahkan menemukan jenazah seorang ibu yang sedang memeluk bayinya yang sudah tertimbun abu vulkanik.

Selain itu, Badan Rescue NasDem juga membantu penyaluran logistik bagi para korban yang saat ini tersebar di berbagai titik pengungsian.

 


(TOM)

Berita Terkait