Fakta Seputar Bupati Probolinggo yang Terjaring OTT KPK

Bupati Probolinggo Puput Tantriana keluar dari Gedung Tipidkor Ditreskrimsus Polda Jatim. (metrotv) Bupati Probolinggo Puput Tantriana keluar dari Gedung Tipidkor Ditreskrimsus Polda Jatim. (metrotv)

JAKARTA: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Probolinggo. Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dikabarkan ikut terjaring dalam OTT tersebut.

KPK dalam OTT tersebut mengamankan 10 orang termasuk kepala daerah. Selain itu ada juga beberapa aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

"Sejauh ini ada sekitar 10 orang yang diamankan, di antaranya kepala daerah, beberapa aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Probolinggo, dan pihak-pihak terkait lainnya," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Senin, 30 Agustus 2021.

Ali belum bisa memerinci lebih jauh orang yang diringkus KPK. Namun, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dikabarkan ikut diangkut KPK. Tak hanya itu, anggota DPR Partai NasDem Hasan Aminuddin selaku suami Puput juga diamankan. Namun, status Hasan dalam kasus ini belum diketahui pasti.

BACA: Terjaring OTT KPK, Bupati Probolinggo Diterbangkan ke Jakarta

Partai NasDem angkat bicara soal isu Hasan Aminuddin yang ikut digelandang petugas KPK. Wakil Ketua Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan partai akan mengambil kebijakan setelah ada pengumuman resmi dari KPK. Ia juga mengaku prihatin dengan peristiwa tersebut.

“Prihatin, karena di mata kami, ketua fraksi Hasan Aminuddin orang yang amat baik, untuk kemudian sebagai manusia biasa ada kekhilafan kemudian kita biarlah KPK yang akan proses ini secara baik," jela Ali dalam konferensi persnya, Senin, 30 Agustus 2021.

Berikut sejumlah fakta seputar Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari:

1. Periode kedua

Puput Tantriana Sari merupakan petahana. Ia menjabat periode pertama sejak 2013. Pada 2018 ia kembali maju pada pemilihan dengan wakilnya kini, Timbul Prihanjoko. Ia pun kembali terpilih sebagai Bupati Probolinggo.

2. Melanjutkan jejak suami

Tantriana diketahui merupakan suami dari Hasan Aminuddin. Hasan merupakan Probolinggo dengan masa jabatan dua periode mulai dari 2003 sampai 2013.

Kini, Hasan menjabat sebagai anggota DPR RI. Pria kelahiran asli Probolinggo itu juga dikabarkan ikut terjaring OTT KPK bersama istrinya, Puput.

3. Kelahiran Ponorogo

Tantriana merupakan wanita kelahiran Ponorogo 38 tahun lalu, tepatnya 23 Mei 1983. Puput menempuh pendidikan dan menghabiskan masa kecil sampai remaja di Ponorogo.

 

 


(TOM)

Berita Terkait