Perhatikan Si Kecil Agar Kesehatan Mentalnya Terjaga

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Kesehatan mental adalah fondasi supaya sang anak dapat beradaptasi dengan masa yang akan datang. Dokter spesialis anak dr. Margareta Komalasari, Sp. A mengatakan penting untuk memperhatikan kondisi mental anak. dr. Margareta berpendapat, apabila orang tua acuh, maka berisiko memperburuk kondisi mental saat remaja sampai dewasa.

“Kesehatan mental anak adalah suatu cara bagaimana anak berpikir dirinya sendiri dan bagaimana dia dengan sekelilingnya. Kesehatan mental anak sangat penting karena ini merupakan proses dia beradaptasi dengan lingkungannya dan mempengaruhi kesehatan mentalnya ketika dewasa nanti,” kata dr. Margareta, dilansir dari Gaya.id, Sabtu, 27 Agustus 2022.

dr. Margareta pun mengatakan bahwa kini banyak masalah orang stres dan bipolar. Penyakit itu dikhawatirkan akan meningkat apabila orang tua tak memperhatikan kesehatan mental anak. Orang tua harus menyadari perubahan tindakan maupun emosi anak. Contohnya saat melihat si kecil yang lincah tiba-tiba menjadi murung atau tidak mau berinteraksi dengan orang lain.

“Kondisi anak akan lebih baik jika orang tua dapat cepat mendeteksinya. Deteksi kesehatan mental anak sudah bisa dimulai sejak usia sekolah, karena anak sudah terpapar dengan stres,” katanya.

Menjaga kesehatan mental dapat dilakukan sejak anak usia dini. Seperti ketika menyusui, ibu juga mengajak buah hatinya berkomunikasi, memberikan perhatian penuh kepada anak. Karena, tiga aspek penting dalam tumbuh kembang anak adalah asah, asih, dan asuh.

 

BACA: Jadi Orang Tua Harus Hindari Tiger Parents, Simak Ciri-cirinya!


(SUR)

Berita Terkait