Dua Negara Pilih Berdamai dengan Covid-19, Ini Alasannya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Singapura dan Korea Selatan mengumumkan akan hidup berdampingan dengan pandemi covid-19. Banyak masyarakat yang masih bingung dengan istilah tersebut. Pakar kesehatan sekaligus dokter relawan covid-19, dr Muhamad Fajri Adda’i memberikan penjelasan mengenai hal ini dalam video yang diposting di akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai, Sabtu 11 September 2021.

Dokter Fajri mengatakan, suatu negara bisa hidup berdampingan dengan pandemi ketika angka kasusnya terkontrol dan tidak terlalu banyak. Mengapa Singapura dan Korea Selatan bisa melakukan tersebut?

“Mereka memang mencanangkan hidup bersama pandemi pada Oktober ketika 80 persen populasi mereka sudah divaksin. Namun, tetap harus menjaga protokol kesehatan sementara monitor mereka tentang surveillance kesehatan, seperti testing, tracing, treatment juga bagus. Tidak hanya dilepas tanpa persiapan, namun juga tetap patuh protokol kesehatan,” ujarnya.

BACA JUGA : Indonesia Bakal Jadi Endemi Covid-19, Ini Penjelasan Jokowi

Dia juga menjelaskan perbedaan antara pandemi dan epidemi yang sering membuat masyarakat bingung dalam mengartikannya. “Pandemi adalah ketika infeksinya itu meluas sehingga rumah sakit menjadi penuh, akibat tingkat keparahan yang cukup tinggi dan terjadi di beberapa negara. Sementara, Epidemi adalah kondisi dimana penyakit tersebut berubah menjadi penyakit yang rutin, seperti demam berdarah, malaria, dan lainnya. Jadi sakitnya itu banyak dan menetap,” kata dr Fajri.

 


(ADI)

Berita Terkait