Duduk Terlalu Lama Bahayanya Seperti Merokok, Lho Kok?

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS: Duduk terlalu lama mungkin dianggap lumrah. Apalagi selama bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Namun kebiasaan duduk terlalu lama dapat berdampak buruk terhadap kesehatan. Bahkan sama buruknya dengan merokok, lho kok!

Studi terbaru yang ditulis oleh Sebastien Chastin, Profesor Dinamika Perilaku Kesehatan Manusia, Tempat dan Sistem, Universitas Caledonian Glasgow dan Keith Diaz, Asisten Profesor Pengobatan Perilaku, Pusat Medis Universitas Columbia mengungkapkan, 30 menit olahraga setiap hari tidak cukup untuk mengatasi risiko kesehatan dari duduk yang terlalu lama.

Penelitian ini menggabungkan data dari enam penelitian berbeda dari Inggris, AS, dan Swedia, dengan total lebih dari 130.000 responden orang dewasa. Setiap studi menggunakan monitor aktivitas fisik (seperti Fitbit) untuk mengukur gerakan dan waktu duduk seseorang sepanjang hari.

Dilansir dari theconversation.com, Rabu (19/5), setiap studi mengikuti peserta selama rata-rata empat hingga 14 tahun untuk melacak apakah ada peserta yang meninggal.

"Seperti yang diharapkan, kami menemukan bahwa olahraga selama 30 menit setiap hari menurunkan risiko kematian dini hingga 80% bagi mereka yang juga menghabiskan waktu kurang dari tujuh jam sehari untuk duduk. Tapi, itu tidak memiliki efek yang sama untuk orang yang menghabiskan antara 11 dan 12 jam sehari untuk duduk," kata para peneliti.

Bagi orang yang terlalu lama duduk, olahraga harian selama 30 menit hanya akan menurunkan risiko kematian dini sebesar 30% jika dikombinasikan dengan empat hingga lima jam gerakan ringan sehari seperti berbelanja, memasak, atau berkebun, menghabiskan waktu duduk kurang dari 11 jam.

Misalnya, satu orang mungkin berolahraga setiap hari selama 30 menit, bergerak sepanjang hari selama sekitar enam jam melakukan aktivitas seperti pekerjaan rumah atau berjalan ke tempat kerja, tetapi menghabiskan sekitar sepuluh jam sehari untuk duduk.

Mereka akan memiliki risiko kematian yang sama dengan seseorang yang berolahraga 55 menit setiap hari, bergerak sepanjang hari selama sekitar empat jam, dan duduk sekitar 11 jam. Dengan kata lain, kombinasi latihan dan gerakan yang berbeda dapat digunakan untuk mengimbangi bahaya duduk.

Imbangi Aktifitas Ringan

Bagi orang dengan pekerjaan yang mengharuskan duduk selama delapan jam atau lebih sehari, sebaiknya berolahraga selama satu jam saat tiba di rumah dan melakukan aktivitas ringan selama beberapa jam di malam hari. Sebab, hal ini sapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Sementara itu, orang tua yang tinggal di rumah yang biasanya terlalu sibuk untuk pergi ke gym, dianjurkan bergerak sepanjang hari sembari melakukan tugas-tugas penting seperti bermain dengan anak-anak atau menyimpan bahan makanan juga dapat meningkatkan kesehatan.

 


(TOM)

Berita Terkait