Penyandang ODGJ di Kota Kediri Mendapat Pelatihan Pembuatan Keset dari Limbah Kain Perca

Salah seorang relawan tengah mengarahkan satu ODGJ yang tengah mengerjakan kerajinan keset dari kain perca (Foto / Metro TV) Salah seorang relawan tengah mengarahkan satu ODGJ yang tengah mengerjakan kerajinan keset dari kain perca (Foto / Metro TV)

KEDIRI : Upaya melakukan rehabilitasi sosial orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kediri memberi pelatihan keterampilan membuat keset. Pelatihan ini dilakukan agar mereka bisa mandiri dan diterima di tengah masyarakat seperti semula.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Kediri, Luluk Nita Kumala mengatakan peserta pelatihan ini diberikan kepada penyandang ODGJ yang sudah membaik setelah mendapat perawatan di rumah sakit jiwa di Kota Malang. 

"Dengan memberi kesibukan diharapkan kesehatan jiwanya semakin membaik dan bisa menghilangkan stigma negatif mantan ODGJ," terangnya.

Pelatihan ini diikuti oleh tujuh orang ODGJ dan didamongi oleh 3 relawan yang rencanya akan berlangsung 3 bulan. Selain mereka, dalam waktu dekat pelatihan akan menyasar sebanyak 577 ODGJ di seluruh Kota Kediri. Dinsos akan melakukan pelatihan sesuai klaster ODGJ. 

"Sehingga pelatihan bisa dilakukan di masing masing kelurahan dan kecamatan tempat mereka tinggal," terangnya. 

Hasil karya para penyandang ODGJ ini nantinya oleh Dinsos Kediri akan dibantu pemasaranya. Dalam hal ini, Dinsos akan bekerjasama dengan sejumlah instansi untuk memasarkan keset karya mereka. 


(ADI)