KPU Situbondo Kirim Logistik Lebih Awal ke TPS Akses Sulit

Logistik pemilu diturunkan dari atas perahu ke TPS di Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Selasa (13/2/2024) ANTARA/Novi Husdinariyanto Logistik pemilu diturunkan dari atas perahu ke TPS di Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Selasa (13/2/2024) ANTARA/Novi Husdinariyanto

Situbondo: Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Selasa, mengirimkan logistik pemilu lebih awal ke dua lokasi tempat pemungutan suara atau TPS yang memiliki akses sulit dari sisi transportasi.


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo Marwoto menjelaskan lokasi TPS yang aksesnya sulit itu berada Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.


"Untuk menuju Dusun Labuhan Merak ini menggunakan jalur laut karena lebih mudah aksesnya sampai di lokasi tempat pemungutan suara," katanya dikutip dari Antara pada Rabu, 14 Februari 2024. 


Pengiriman logistik pemilu dari Desa Sumberwaru ke Dusun Labuhan Merak yang terletak di sisi utara kawasan Taman Nasional Baluran itu menggunakan perahu nelayan dan membutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam.


Marwoto menyebutkan di Dusun Labuhan Merak terdapat empat TPS, masing-masing dua TPS di Merak dan dua TPS lainnya di Lempuyang, dengan jumlah warga yang tercatat pada daftar pemilih tetap (DPT) sekitar 600 orang.


"Untuk petugas keamanan pada empat TPS di Dusun Labuhan Merak ada dua orang anggota polisi dan satu orang anggota TNI (Babinsa)," ujar Marwoto.


Selain Dusun Labuhan Merak, pendistribusian logistik pemilu ke lokasi akses sulit lainnya adalah ke Dusun Rabesen, Desa Mojosari, Kecamatan Asembagus.


"Pengiriman logistik pemilu untuk satu TPS di Dusun Rabesen ini juga dilakukan lebih awal karena aksesnya sangat jauh dan lokasinya di wilayah perbukitan," tambah Marwoto.


Sementara pergeseran logistik pemilu ke masing-masing TPS lainnya yang aksesnya mudah dilakukan pada Rabu (14/2) dini hari atau beberapa jam sebelum pemungutan suara.


KPU Kabupaten Situbondo menetapkan sebanyak 2.015 TPS tersebar di 136 desa/kelurahan pada 17 kecamatan untuk melayani sebanyak 514.814 orang pemilih yang terdata pada DPT Pemilu 2024. DPT itu terdiri atas pemilih laki-laki sebanyak 248.852 orang dan pemilih perempuan 265.962 orang.


(SUR)

Berita Terkait