Mobil Listrik Siswa SMK Ini Diklaim Bisa Ngebut 200 KM/Jam

Mobil listrik karya SMK YPM 8 Sarirogo Sidoarjo mampu memempuh jarak 200 kilometer sekali dicas (Foto / Metro TV) Mobil listrik karya SMK YPM 8 Sarirogo Sidoarjo mampu memempuh jarak 200 kilometer sekali dicas (Foto / Metro TV)

SIDOARJO : Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sarirogo, Kabupaten Sidoarjo membuat mobil listrik yang diklaim bisa lari 200 kilometer per jam. Menggandeng sebuah perusahaan anak bangsa di Solo Jawa tengah, mobil listrik ini akan terus disempurnakan.

"Penambahan solar cell untuk menambah simpanan tenaga mobil serta aksesoris seperti mobil-mobil pada umumnya," kata Kepala Sekolah YPM 8 Sarirogo, Sidoarjo, Kisyanto.

Menurut Kisyanto, mobil listrik ini masih sederhana hanya memanfaatkan sumber tenaga 5 buah accu 12 volt. Meskipun begitu, mobil ini diklaim dapat menggerakan motor penggerak hingga kecepatan 200 kilometer per jam.

Pengendali mobil listrik ini juga sudah berteknologi powerstering. Transmisi juga sudah menggunakan teknologi otomatis ditambah sebuah tuas untuk mengemudikan mobil maju ke depan atau mundur.

"Mobil listrik ini dibuat dengan memakan dana sekitar Rp45 juta dan pengerjaannya terbilang singkat hanya tiga minggu saja," katanya.

Selain diklaim bisa melaju dengan kecepatan 200 kilometer per jam, mobil ini juga diklaim mampu menempuh jarak hingga sejauh 200 kilometer.

"Itu dengan kondisi baterai accu penuh setelah di cas 2 jam serta dengan kecepatan rata-rata 60 kilometer perjam," pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait