Awas! Ini Dampak Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Ilustrasi wanita alami kemunduran hairline (ANTARA/freepik.com) Ilustrasi wanita alami kemunduran hairline (ANTARA/freepik.com)

Mengikat rambut terlalu kencang bisa menyebabkan kemunduran garis rambut atau traction alopecia. Dermatologis dan kreator konten dr. Danar W. Msc, SpDV mengimbau masyarakat untuk tidak membiasakan mengikat rambut dengan kencang. 

"Traction itu artinya ada gaya, alopecia itu kebotakan. Jadi artinya kebotakan yang disebabkan oleh gaya," jelas Danar dikutip dari Antara, Sabtu, 8 Oktober 2022. 

Sejumlah penelitian pernah membuktikan kemunduran garis rambut akibat ikatan yang terlalu kencang. Menarik rambut saat diikat agar menjadi lebih kencang pun sebaiknya dihindari.

“Jika sudah terlanjur mengalami kemunduran garis rambut, hal tersebut masih bisa diatasi selama folikel rambut masih ada di area tersebut. Namun, jika folikel rambut sudah tidak ada, maka kemunduran garis rambut itu pun akan menjadi permanen,” ungkap Danar

Implan rambut menjadi salah satu cara bila kemunduran garis rambut sudah permanen. Namun, tindakan ini akan memakan biaya yang cukup mahal.

Danar menyarankan Anda memberi sedikit ruang saat mengikat rambut. Selain itu, pilih jenis ikat rambut yang lembut dan jangan mengikat rambut dengan karet gelang biasa.

"Intinya cara ikat rambut yang benar itu yang sedang-sedang saja," tutup Danar.

BACA: Hati-hati, Ini 5 Tanda Make Up Sudah Kedaluwarsa!


(UWA)