Bertambah, 17 Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Positif Covid-19

Ilustrasi jemaah haji/MI Ilustrasi jemaah haji/MI

SURABAYA: Kasus positif covid-19 jemaah haji debarksi Surabaya yang baru pulang dari Tanah Suci bertambah. Hingga saat ini, total ada 17 jemaah yang dinyatakan positif covid-19.

Rinciannya, di kloter 5 dari 450 orang terdapat satu jemaah positif, kloter 6 dari 446 orang yang diperiksa, terdapat tiga jemaah positif. Sebelumnya dari kloter 1 hingga 4 terdapat 13 jemaah positif.

"Sehingga saat ini total ada 17 jemaah positif covid-19. Mereka positif berdasarkan hasil tes Swab PCR," kata Sekretatis Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya, Abdul Haris, dikonfirmasi, Rabu, 20 Juli 2022.

Selain itu, sebanyak dua jemaah haji yang baru tiba di Asrama Haji Sukolilo (AHES) Surabaya langsung dirawat di RS Haji Sukolilo. Hal ini dikarenakan kondisi kedua jemaah lemah dan sakit, sehingga tidak bisa langsung pulang ke rumahnya.

BACA: Ratusan Kasus Covid-19 Varian Baru Masuk Jatim, Waspada!

"Satu jemaah haji asal Surabaya, dan satu jemaah lagi berasal dari Tuban," kata Sekretatis Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya, Abdul Haris, dikonfirmasi, Rabu, 20 Juli 2022.

Haris mengatakan satu jemaah haji asal Surabaya itu berinisial KA, tergabung dalam kelompok terbang (kloter) lima. Perempuan berumur 41 tahun itu sangat lemah setelah pulang dari Tanah Suci.

"Karena kondisinya lemah, maka langsung dirawat di RS. Karena belum memungkinkan untuk pulang ke rumahnya," ujar dia.

Sebelumnya juga ada jemaah asal Tuban yang sakit ketika pulang beribadah haji. Jemaah berinisial UMS itu diketahui tergabung dalam kloter 1 yang merupakan kloter jemaah asal Tuban.

"Hingga saat ini UMS masih dirawat di RS Haji," ujarnya.

 

 


(TOM)

Berita Terkait