Waspada! Gelombang di Pacitan Sedang Tinggi, Jauhi Pantai Hingga 31 Mei

Petugas BPBD Pacitan memantau kondisi gelombang sekaligus mengingatkan pengunjung Pantai Pancerdoor untuk menjauhi pantai. (metrotv) Petugas BPBD Pacitan memantau kondisi gelombang sekaligus mengingatkan pengunjung Pantai Pancerdoor untuk menjauhi pantai. (metrotv)

PACITAN: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, Jawa Timur meminta warga untuk menjauhi pantai hingga  31 Mei 2021. Sebab, ketinggian gelombang luat sudah mencapai 3 meter lebih.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD  Pacitan,  Dianita Agustinawati mengatakan naiknya gelombang laut ini disebabkan  fenomena alam gerhana bulan total  yang terjadi Rabu malam 26 Mei 2020. 

“Berdampak pada peningkatan ketinggian gelombang air laut di Pacitan. Ketinggian gelombang diperkirakan meningkat hingga empat meter, “ ujarnya Dianita saat memantu gelombang laut di Pantai Pancerdoor, Kamis 27 Mei 2021.

BACA: Pesisir Surabaya DIterjang Banjir Rob 

Meski tidak menyebabkan banjir rob, lanjut Dianata, ketinggian gelombang meningkat dari hari biasanya. Seperti yang terjadi di Pantai Pancerdoor. Gelombang pasang diperkirakan mencapai tiga meter lebih. 

Selain melakukan pemantuan gelombang,  sejumlah petugas BPBD Pacitan juga menghimbau kepada para wisatawan maupun masyarakat pesisir agar berhati-hati saat beraktivitas di pinggir pantai.  

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan  petugas menghimbau kepada para pengunjung untuk berhati-hati dan tidak bermain ataupun mandi di pantai . Dikarenakan ombak besar bisa datang sewaktu-waktu, “ himbaunya. 

Selain di Pancerdoor,  petugas juga memantau kondisi ombak di lokasi lain. Para pedagang maupun masyarakat pesisir yang beraktivitas di sekitar pantai dihimbau waspada terhadap kemungkinan terjadinya ombak besar.  Peningkatan ketinggian ombak ini diperkirakan akan terjadi hingga 31 Mei mendatang. 


(TOM)

Berita Terkait