Sapi Kurban Presiden Jokowi Tiba di Masjid Al Akbar Surabaya, Berbobot 1,15 Ton

Sapi kurban milik Presiden Jokowi di Masjid Al Akbar Surabaya/medcom.id Sapi kurban milik Presiden Jokowi di Masjid Al Akbar Surabaya/medcom.id

SURABAYA: Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jawa Timur, setiap tahun menyembelih sapi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk disumbangkan ke masyarakat. Tahun 2023 ini, sapi kurban dari Jokowi beratnya mencapai 1,15 ton.

"Insyaallah sapi Pak Presiden ini disembelih H+1, pada hari Jumat," kata Kepala Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor, di Surabaya, Rabu, 28 Juni 2023.

Helmy memastikan sapi kurban Jokowi dalam keadaan sehat. Bahkan, sapi tersebut juga sudah melalui proses vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), dan Lumpy Skin Disease (LSD) ditandai dengan cap pada telinganya. "Mudah-mudahan berkah," katanya.

BACA: Moncong Mobilio Disambar Kereta Api Sritanjung di Banyuwangi, Suami Istri Luka Parah!

Presiden Jokowi mengirimkan sapi kurban ke-38 Provinsi di Indonesia setiap tahunnya. Semenjak dilantik sebagai kepala negara, kata Helmy, Jokowi rutin menitipkan hewan kurbannya di Masjid Al Akbar Surabaya.

"Beliau selalu membeli sapi dari peternak Jawa Timur. Ini yang ke-9, jadi setiap tahun Presiden Jokowi istiqamah berkurban di Masjid Al Akbar Surabaya," ujarnya.

Sementara itu, peternak asal Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko, Lumajang, Bahrowi Yahya senang karena sapi miliknya dibeli orang nomor satu di Indonesia.

Sebelum dibeli, sapi jenis limosin ini harus mengikuti sejumlah seleksi, mulai tingkat kabupaten hingga tingkat provinsi.

"Alhamdulillah sapi saya lolos, dan kemudian dealnya sekitar dua mingguan yang lalu," kata Bahrowi.

Terkait perawatan, Bahrowi menyebut tidak susah. Karena perawatan sapi berusia empat tahun ini sudah jinak.

"Kalau makannya, porsinya memang agak lebih banyak dari sapi umumnya, dua kali lipat dari sapi umum," katanya.

 

 


(TOM)

Berita Terkait