Blunder Pimpin Laga Persebaya vs Persela, Wasit Musthofa Umarella Diistirahatkan

Ahmad Riyadh, Ketua Komite Wasit PSSI (ist) Ahmad Riyadh, Ketua Komite Wasit PSSI (ist)

JAKARTA: Komite Wasit PSSI akhirnya mengistirahatkan sementara wasit Musthofa Umarella. Wasit yang memimpin laga Persebaya vs Persela tidak boleh memimpin pertandingan di Liga 1 maupun Liga 2.

“Wasit Musthofa akan kita istirahatkan. Tidak boleh memimpin pertandingan Liga 1 maupun Liga 2,” ujar Ahmad Riyadh, Ketua Komite Wasit PSSI, Kamis 4 November 2021.
 
Keputusan ini dijatuhkan, kata Riyadh, setelah pihaknya melakukan evaluasi dan menimbang masukan dari berbagai sumber. Termasuk rekaman pertandingan Persela vs Persebaya dari host broadcast.

“Ada kesalahan yang mendasar saat ia memimpin. Karena itu, kita parkir dulu,” jelasnya.

BACA: Kalah Telak, Persela Gagal Rusak Rekor Persib

Sebelumnya kubu Persebaya memang melakukan protes. Selain di lembar resmi match Comissioner, Persebaya juga mengirim surat resmi ke PSSI mengadukan wasit Musthofa Umarella.

Yang menjadi pemantik protes yakni kejadian di menit ke-34. Saat itu bola tendangan bebas Jose Wilkson yang gagal diamankan kiper Dwi Kusworo ditangkapan pertama, terlihat sudah melewati garis gawang. Sayang, wasit dan asisten wasit tidak mengesahkan. Padahal, jarak pandangnya cukup jelas dan tidak terhadang.

Pada tayangan ulang televisi, bola juga  terlihat jelas melewati garis.  Celakanya, wasit Musthofa justru mengesahkan gol yang dilesakkan striker Ivan Carlos  beberapa detik setelah kejadian ini. Padahal, sang pemain terlihat dalam posisi offside.

“Semua sudah kita pelajari.  Dan keputusannya  seperti itu,”ujarnya.

Ahmad Riyadh yang juga ketua PSSI Jatim ini tak bisa menyebutkan detil hukuman yang diberikan. Ini karena ada regulasi  yang membatasi. Yang pasti, kata Riyadh, wasit ini dipastikan tak akan memimpin beberapa pertandingan.

“Mohon maaf saya tak bisa mengumumkan detailnya. Berapa lama wasit ini harus istirahat. Yang pasti, keputusan sudah kita ambil,”tegasnya.

Riyadh menepis bila langkah ini dibilang lambat. Pihaknya, perlu waktu dan harus berhati-hati mengambil keputusan. Pasalnya, ini menyangkur karir seseorang.

“Jangan sampai kita menghukum yang tak bersalah. Dholim. Kita pertimbangkan semua sisi sebelum mengambil keputusan. Insya allah ini yang terbaik,” tegasnya.

Selain wasit Musthofa,  PSSI juga menghukum beberapa wasit yang keputusannya dinilai Kontroversial.  

“Ada beberapa nama yang juga kita sanksi. Nanti akan kita publikasikan secara resmi. Ini juga sekaligus menegaskan, kami di PSSI tidak main-main dalam urusan seperti ini. Saya menjadi jaminan,” tandasnya.


(TOM)

Berita Terkait