Unik, Warga NU Surabaya Hias Pohon Natal dengan Masker

Pohon natal berhias masker di pintu masuk Gereja Kristus Raja Pohon natal berhias masker di pintu masuk Gereja Kristus Raja
SURABAYA : Menghormati keberagaman dan perbedaan, warga Nahdlatul Ulama (NU) di Surabaya terlibat dalam menghias pohon natal. Uniknya, pohon natal tersebut dihias dengan menggunakan masker dan hand sanitizer. 
 
Pohon Natal setinggi 3,5 meter dengan diameter sekitar 180 cm itu berdiri di sisi utara pintu masuk Gereja Kristus Raja.Tema pohon tersebut adalah tentang kondisi pandemi saat ini. Masker menjadi bagian yang tak terpisahkan masyarakat untuk melawan covid-19. 
 
Pengurus PW ISNU Jawa Timur Bidang Pengkaderan, Nur Kholis Saleh mengatakan  Hari Raya Natal merupakan perayaan untuk semua umat, sebagaimana Hari Raya Idul Fitri. Sudah sepatutnya sebagai warga negara yang berazaskan Pancasila dan Bineka Tunggal Ika saling menghargai dan membantu kesuksesan peryaan keagaamaan tersebut. 
 
"Ini sebagaimana saat Salat Idul Fitri, umat Nasrani juga ikut berpartisipasi menjaga keamanan parkir motor dan kelancaran arus lalu lintas," kata warga NU ini. 
 
"Harapan kami, rayakan Natal layaknya kami merayakan Hari Raya Idul Fitri. Jadi berikan rasa nyaman pada saudara-saudara kita. Inilah Indonesia, keberagaman dan kebinekaan tetap kita jaga," tuturnya. 
 
Menurut dia, dengan merasa nyaman, maka keimanan seseorang bakal terbebas dari rasa ketakutan. Sebab, ketakutan justru bisa menimbulkan rasa permusuhan dan kebencian 
 
Ketua Panitia Natal, Teresia Mariani mengungkapkan, pohon Natal di Gereja Katolik Kristus Raja Surabaya tersebut untuk mengingatkan warga gereja agar tetap menjaga 3M di masa pandemi Covid-19, yakni memakai masker, menjaga jarak dan memcuci tangan dengan sabun. 
 
"Perayaan Natal di era pandemi ini harus tetap menjaga 3M," ujarnya. 
 
Dia mengatakan, setelah pelaksanaan Hari Raya Natal selesai, 1.000 masker dan hand sanitizer di pohon Natal akan dibongkar dan dicuci bersih. Selanjutnya, masker dan hand sanitizer itu dikemas untuk sumbangkan ke panti asuhan.


(TOM)