Kejutan! Indonesia Permalukan Kuwait

Selebrasi Rahmat Irianto usai membobol gawang kuwait/pssi Selebrasi Rahmat Irianto usai membobol gawang kuwait/pssi

KUWAIT: Datang tidak diunggulan, Timnas Indonesia membuat kejutan setelah mengalahkan tuan rumah Kuwait skor 1-2 pada penyisihan Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Jaber Al Ahmad International Stadium, Kuwait City, Rabu malam 8 Juni 2022.

Kuwait unggul lebih dulu lewat gol Yousef Al Sulaiman menit 40. Skuat Garuda, julukkan Timnas Indonesia, membalas lewat gol Marc Klok pada menit 43, sebelum gol penentu kemenangan Indonesia dicetak Rachmat Irianto pada menit 46.

Di menit awal, permainan crossing pemain Kuwait dan penetrasi pemain Kuwait cukup merepotkan barisan pertahanan skuat Garuda, yang dikawal Elkan Baggot, Mohammad Fachrudin dan Rachmat Irianto.

Indonesia mendapat peluang pertama lewat Marc Klok. Kerja samanya pada ment ke 17, yang diakhiri dengan tendangan kaki kanan hanya menghasilkan sepak pojok.

BACA: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia di AFC Asian Cup, 8-15 Juni

Kuwait membalas dua menit kemudian. Sebuah kemelut yang diakhiri tendangan Al Sulaiman hanya melintas di atas gawang Indonesia yang dijaga Nadeo Arga Winata.

Eid Al Rashidi ikut mengancam gawang Indonesia lewat sepakan kerasnya dari luar kotak penalti. Beruntung, Nadeo Sigap menghalau bola.

Sejumlah peluang di dapat Indonesia selepas laga berjalan setengah jam. Namun upaya Saddil Ramdani, Marc Klok dan Pratama Arhan masih gagal menjadi gol.

Justru tuan rumah Kuwait bisa memanfaatkan peluang pada menit 40, saat anak asuh Shin Tae Yong lengah. Sundulan Yousef Al Sulaiman sukses menembus gawang Nadeo usai menerima umpan matang Bader. Skor 1-0 untuk Kuwait.

Namun tak lama bagi Indonesia untuk menyamakan kedudukan. Skuat Garuda mendapat penalti pada menit 43. Berawal dari Rachmat Irianto yang dilanggar di kotak penalti. Wasit menunjuk titik putih untuk Indonesia. Mark Klok yang menjadi eksekutor sukses menjalani tugasnya. Skor menjadi 1-1.

Hingga turun minum tak ada lagi gol tambahan bagi kedua tim. Indonesia sukses menahan tuan rumah Kuwait dengan skor 1-1 pada babak pertama.

Babak kedua, skuat Garuda langsung menggebrak dan sukses mencetak gol lewat kaki Rachmat Irianto pada menit 46.
Gol berawal dengan umpan ke dalam kotak penalti yang sukses diterima M Rafly, pemain yang baru masuk di babak kedua.
Umpannya kepada Witan yang juga baru masuk menghasilkan kemelut. Irianto yang menerima bola muntah hasil sepakan Witan sukses menaklukkan Husain untuk kedua kalinya di laga kali ini.

Sempat ada gol Kuwait yang dianulir karena offside, Indonesia langsung mengancam lewat aksi Saddil Ramdani yang menerima umpan Irianto pada menit 53. Sayang sepakan Saddil masih bisa diblok barisan pertahanan Kuwait.

Hingga laga memasuki menit 60, tempo permainan kedua tim sedikit menurun. Sejumlah pergantian dilakukan kubu tuan rumah. Skor masih 1-2 untuk keunggulan skuat Garuda.

Kuwait sempat melakukan percobaan tendangan jarak jauh lewat Omar pada menit 67. Disusul aksi Yousef pada menit 69 yang masih gagal menyambut umpan Fahed Al Ansari. Namun gawang Indonesia masih aman dari kebobolan.

Ahmad Al Dhefiri melakukan tendangan placing pada menit 75.  Upayanya masih tipis di atas mistar gawang Indonesia.

Indonesia bisa saja unggul jauh, jika Witan yang mendapat truepass dari Ricky Kambuaya bisa mengkonversi menjadi gol ketiga skuat Garuda. Sayang, sepakan Witan masih tak terarah padahal sudah bebas.

Kuwait terus mengurung pertahanan Indonesia. Skuat Garuda sempat mendapat peluang lewat skema serangan balik yang dibangun Kambuaya. Sayang upaya Dimas Drajat masih gagal.

Tuan rumah Kuwait akhirnya harus menerima nasib kalah dan dipermalukan di hadapan puluhan ribu pendukungnya di laga perdana penyisihan Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuat Garuda mendapat tiga poin penting, modal berharga untuk menghadapi Jordania di match kedua.

Susunan Pemain:

Kuwait: 2-Rashed, 6-Fahad, 7-Eid, 10-Talal, 11-Fahed, 13-Fahad Al Reshidi, 14-Omar, 17-Bader, 20-Yousef, 21-Issa Ali, 23-Hussain.

Indonesia: 1-Nadeo, 4-Baggot, 5-Rizky, 10-Lilipaly, 11-Saddil, 12-Pratama, 13-R Irianto, 15-Ricky, 19-Fachrudin, 21-Irfan, 23-Klok.


(TOM)

Berita Terkait