BPBD: Gempa Tuban Dirasakan 29 Daerah di Jatim

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Sebanyak 29 kabupaten dan kota di Jawa Timur (Jatim) merasakan Gempa bumi magnitudo (M) 6,9 (sebelumnya dilaporkan M 6,6) di Laut Jawa dekat Kabupaten Tuban, Jumat 14 April 2023. Gempa tersebut berlokasi 70 km barat laut Tuban.

"Gempa lokasinya di 70 km barat laut Tuban, dan kedalaman 632 km. Gempa dirasakan hampir semua daerah di Jatim," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Gatot Soebroto, Sabtu 15 April 2023.

Selain Tuban, ada 28 daerah lainnya yang merasakan gempa tersebut, yaitu Kabupaten Jember, Banyuwangi, Sidoarjo, Tulungagung, Ponorogo, Trenggalek, Jombang, Bangkalan, Lamongan, Bojonegoro, Probolinggo, Lumajang, Sampang, Magetan, Madiun, Gresik, Situbondo, Kabupaten Bondowoso, Pacitan, Kabupaten dan Kota Malang, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten dan Kota Kediri, Kota Batu, Blitar, dan Surabaya.

"Getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung dalam rumah goyang. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," katanya.

baca juga : Nelayan di Tuban Paksa Remaja Temani Minum hingga Diperkosa

Gatot bersyukur tidak ada korban jiwa dalam gempa tersebut. Saat ini, kata Gatot, pihaknya masih koordinasi dengan BPBD setempat, untuk mendata terkait kerusakan akibat gempa itu.

"Untuk dampaknya masih proses asesmen. Kami masih berkoordinasi dengan kabupaten dan kota untuk mendata terkait kemungkinan adanya kerusakan akibat gempa itu," ujarnya.

 


(ADI)

Berita Terkait