Saddil Bela Timnas di Sea Games, Persebaya Terbanyak!

Pemain Persebaya Rizky Ridho Ramadhani bertahan di skuat Timnas Sea Games/pssi Pemain Persebaya Rizky Ridho Ramadhani bertahan di skuat Timnas Sea Games/pssi

JAKARTA: Pelatih Timnas Sepakbola Indonesia, Shin Tae-yong, telah resmi memilih 20 pemain yang akan dibawanya mengarungi SEA Games 2021 di Vietnam pada Mei mendatang.

Dari daftar pemain Timnas, Persebaya menjadi penyumbang pemain terbanyak. Ada tiga pemain Bajol Ijo, yaitu Rizk Ridho, Marcelino Ferdinan dan penjaga gawang Ernando Ari. Sebenarnya masih ada satu lagi pemain asal Persebaya yaitu, Ricky Kambuaya, namun sudah tercatat sebagai pemain Persib.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, 20 nama yang dipilih tersebut merupakan para pemain terbaik Shin Tae-yong yang sudah menjalani pelatnas dengan baik. Oleh karena itu, dia pun berharap timnas U-23 bisa meraih prestasi terbaik sebagai juara.

BACA: Persebaya Pulangkan Brylian Aldama dari Kroasia

"PSSI berharap tim U-23 Indonesia dapat meraih juara SEA Games 2021. Dengan materi ini, serta selalu bekerja keras, disiplin dan fokus, PSSI yakin hal tersebut akan tercapai," kata Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI, Sabtu (30/4/2022).

Cabang sepak bola putra SEA Games 2021 dijadwalkan bergulir sejak 6 Mei hingga 22 Mei mendatang. Di fase penyisihan, Indonesia tergabung dalam Grup A bersama tuan rumah Vietnam, Filipina, Timor Leste, dan Myanmar.

"Kami terus mendukung program pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi timnas Indonesia. Setelah menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan selama dua pekan, mereka semakin solid, kompak dan kuat," tutur Iriawan.

Tiga pemain timnas senior yang terpilih dalam skuad SEA Games adalah Fachruddin Aryanto, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya. Selain itu, terdapat nama-nama pemain yang berkarier di luar negeri seperti  Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Egy Maulana, Witan Sulaeman, dan Saddil Ramdani.

Kemudian, ada sejumlah pemain juga yang baru menjalani debut di timnas U-23, yakni Ilham Rio Fahmi, Ronaldo Joybera, Marselino Ferdinan, Muhamad Ridwan.

"Alhamdulillah, saya bersyukur dapat masuk 20 pemain yang akan berlaga di SEA Games 2021. Saya bertekad memberikan kemampuan terbaik dan siap bekerja keras demi torehan emas Indonesia," kata Ilham Rio Fahmi.

Saat ini, skuad Garuda Muda sudah berada di Jakarta untuk menjalani latihan selama dua hari di Lapangan B, Senayan pada 30 April dan 1 Mei. Setelah itu, mereka akan bertolak ke Vietnam pada Selasa 3 Mei mendatang.


Berikut 20 pemain timnas Indonesia di SEA Games 2021:

1. Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners)
2. Egy Maulana (FK Senica)
3. Witan Sulaeman (FK Senica)
4. Elkan Baggott (Ipswich Town)
5. Fachruddin Aryanto (Madura United)
6. Ronaldo Joybera (Madura United)
7. Muhammad Adi (Persik)
8. Ernando Ari (Persebaya)
9. Rizky Ridho (Persebaya)
10. Rachmat Irianto (Persib)
11. Marselino Ferdinan (Persebaya)
12. Ricky Kambuaya (Persib)
13. Marc Klok (Persib)
14. Syahrian Abimanyu (Persija)
15. Ilham Rio (Persija)
16. Irfan Jauhari (Persis)
17. Muhamad Ridwan (Persik)
18. Firza Andika (Persija)
19. Alfeandra Dewangga (PSIS)
20. Saddil Ramdani (Sabah FC).

 


(TOM)

Berita Terkait