Inggris Vs Dermark : Duel Sengit untuk Hadapi Italia di Puncak

Harry Kane salah satu pencetak gol Inggris atas Jerman (Foto / Ist) Harry Kane salah satu pencetak gol Inggris atas Jerman (Foto / Ist)

JAKARTA : Laga semifinal Inggris vs Denmark akan berlangsung pada Kamis dinihari 8 Juli 2021. Timnas Inggris yang lebih difavoritkan tak boleh meremehkan Timnas Denmark yang tengah menunjukkan kebangkitannya setelah merajai Eropa nyaris dua dekade lalu.

Meskipun dipenuhi dengan kritikan, perjalanan Inggris di Piala Eropa 2020 bisa dianggap cukup mulus. Di babak penyisihan grup, mereka sukses mengalahkan finalis Piala Dunia 2018, Kroasia, dengan skor tipis 1-0. Mereka juga menumpas Republik Cek dengan skor yang sama dan hanya gagal meraih kemenangan ketika ditahan imbang Skotlandia 0-0.

Hanya mencetak dua gol pada babak penyisihan membuat skuad asuhan Gareth Southgate mendapat cibiran. Mereka dianggap kurang tajam untuk memenangi Euro 2020. Skuad Tiga Singa baru mengaum lebih kencang pada babak gugur. Mereka menumbangkan tim kuat Jerman 2-0 pada 16 besar dan melibas Ukraina 4-0 pada perempat final. Mencetak delapan gol dan tak kebobolan satu pun menjadi catatan impresif Harry Kane cs.

BACA JUGA : Italia Melenggang ke Final Euro 2020 Usai Tundukkan Spanyol

Sementara Denmark sempat diragukan bisa lolos ke babak gugur. Pasalnya mereka menelan dua kekalahan dari Finlandia dan Belgia pada babak penyisihan. Akan tetapi Tim Dinamit meledak pada laga terakhir kontra Rusia.

Mereka menang 4-1 dan lolos sebagai pendamping Belgia dari Grup B karena unggul selisih gol dari Finlandia. Skuad asuhan Kasper Hjulmand sempat dianggap lolos karena faktor keberuntungan saat itu. Apalagi mereka harus kehilangan gelandang serang andalan, Christian Eriksen, yang mengalami serangan jantung pada laga kontra Finlandia.

Tetapi Denmark menunjukkan bahwa sukses mereka tak hanya karena faktor keberuntungan. Kasper Schmeichel cs membungkam Wales 4-0 pada babak 16 besar dan menyingkirkan Republik Cek 2-1 untuk mencapai semifinal.

Melihat total rekor pertemuan kedua tim, Timnas Inggris jelas lebih unggul. Dari 21 kali bertemu, Inggris 12 kali menang sementara Timnas Denmark hanya empat kali, lima laga lainnya berakhir imbang.

Akan tetapi dalam dua pertemuan terakhir Tim Dinamit terbukti mampu membuat taring Tiga Singa ompong. Mereka pernah bertemu di ajang UEFA Nations League tahun lalu dan hasilnya satu kali imbang dan satu kemenangan 1-0 bagi Denmark di Stadion Wembley.

Lalu tim manakah yang akan berhasil maju di final menghadapi skuad Italia?, patut dinanti.

 


(ADI)