Hujan Deras, Jalan di Malang Tertutup Longsor

Jalan di Desa Ngasem, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur, tertutup tanah longsor, Kamis, 18 November 2021. Dokumentasi/ istimewa. Jalan di Desa Ngasem, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur, tertutup tanah longsor, Kamis, 18 November 2021. Dokumentasi/ istimewa.

MALANG: Jalan di Desa Ngasem, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur, tertutup tanah longsor, Kamis, 18 November 2021. Tanah longsor ini terjadi akibat dari tingginya curah hujan selama beberapa hari terakhir.

"Memang beberapa hari terakhir itensitas hujan cukup tinggi," kata Kapolsek Ngajum, Iptu Rony Margas, saat dikonfirmasi.

Ronny menjelaskan bahwa kejadian ini tidak ada korban jiwa. Namun material longsoran menutupi jalan penghubung antara Desa Ngasem dengan Desa Banjarsari.

BACA: Rumah Warga Trenggalek Jebol Dihantam Longsor

"Alhamdulillah nihil korban jiwa, hanya material longsoran menutupi jalan penghubung antar desa. Sementara akses jalan kita alihkan melalui desa sebelah," jelasnya.

Ronny menerangkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Muspika Ngajum untuk penanganan dan penanggulangan akibat bencana ini. Termasuk meminjam alat berat dari Lapas Asimilasi Ngajum untuk membersihkan material longsoran.

"Kita mengamankan lokasi dan memberi himbauan kepada warga agar tidak mendekat lokasi, untuk antisipasi longsor susulan," ungkapnya.

Sementara seluruh pihak mulai dari koramil, kecamatan, perangkat desa dan warga sekitar, untuk bersama sama membersihkan material longsoran yang menutup jalan tersebut.

"Saya mengajak semua pihak, agar jalan dapat segera dilewati. Termasuk dengan meminjam alat berat dari bina marga agar lebih cepat selesai," beber Ronny.

Perlu diketahui bahwa secara geografis, wilayah kecamatan Ngajum sebagaian besar adalah perkebunan, dengan permukaan berupa bukit dan lembah.

"Hal ini butuh perhatian dan kewaspadaan yang sangat ekstra dalam tanggap bencana," ujarnya.

 


(TOM)

Berita Terkait