Stadion GBT Surabaya Terus Didandani Jelang Piala Dunia U-17

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya. ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya. ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya.
SURABAYA: Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya mengatakan pemeliharaan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dioptimalkan menjelang pelaksanaan Piala Dunia U-17. Gelaran sepakbola anak muda dunia itu digelar pada November 2023.

“Pemeliharaan terus dilakukan karena GBT digunakan untuk kompetisi, dan lapangan latihan juga dipakai untuk latihan klub-klub lokal,” kata Kepala Disbudporapar Surabaya, Wiwiek Widayati, dikutip dari Antaranews, Rabu, 2 Agustus 2023.

Wiwiek menyebut, pemeliharaan Stadion GBT sedang dilakukan pada bagian stadion utama dan beberapa bagian lain, seperti di tiga lapangan penunjang untuk latihan. Tahun ini, di lapangan A, B, dan C yang digunakan untuk latihan, akan disediakan pagar.

Sejumlah perawatan juga dilakukan untuk rumput di lapangan, seperti pemupukan rumput dan pemberian vitamin. Tidak hanya itu, Disbudporapar juga membenahi akses jalan di sekitar Stadion GBT.

Upaya perawatan Stadion GBT ini diapresiasi oleh Senior Tournaments Manager Fédération Internationale de Football Association (FIFA), Marely Flores-Martinez, yang melakukan inspeksi ke Stadion GBT belum lama ini. FIFA juga memberikan apresiasi terhadap perawatan yang dilakukan di dua lapangan lain, yakni Lapangan Thor dan Gelora 10 November (G10N), Surabaya.

“Mereka sangat mengapresiasi maintenance (teknis pemeliharaan) yang kami lakukan,” ujar Wiwiek.

Wiwiek mengatakan, FIFA mengecek kondisi Stadion GBT, Lapangan Thor, dan G10N pada sejumlah bagian, seperti lapangan utama, rumput, ruang ganti pemain, ruang CCTV, ruang konferensi pers, ruang koordinasi pertandingan, hingga gerbang utama akses masuk stadion.

“Bahkan mereka juga melihat rumput, kamar mandi hingga fasilitas lainnya,” tuturnya.


(SUR)