Sedang Langka, Ini 5 Alternatif Pengganti Minyak Goreng

Ilustrasi Minyak Jagung/Sumber: KlikDokter.com Ilustrasi Minyak Jagung/Sumber: KlikDokter.com

CLICKS: Belakangan ini minyak goreng berbahan dasar kelapa sawit sedang langka dan membuat harganya melonjak tinggi di sejumlah daerah. Padahal, minyak sawit sendiri merupakan salah satu bahan masak yang cukup penting dan sering dipakai untuk menumis dan menggoreng.

Jenis minyak ini, menjadi pilihan banyak masyarakat, sebab menghasilkan hidangan yang renyah dan memiliki ketahanan panas yang juga baik. Namun, selain kelangkaannya belakangan ini, terdapat pula kelemahan dari penggunaan minyak goreng jenis ini.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini alternatif pengganti minyak goreng yang dapat Anda gunakan pengganti minyak goreng kelapa sawit yang tak kalah sehat:

1. Minyak jagung
Ternyata, minyak jagung juga dapat menggantikan minyak goreng biasa, lho. Selain itu, minyak jagung juga dikenal lebih sehat dan memiliki khasiat baik untuk tubuh Anda.

Minyak jagung berasal dari ekstrak biji jagung dan mempunyai kandungan asam lemak jenuh lebih rendah daripada minyak kelapa sawit. Selain itu, minyak jagung juga cukup tahan panas sehingga dapat digunakan untuk menggoreng maupun menumis.

Konon, hasil pengolahan dengan menggunakan minyak jagung tak kalah lezat dan menggugah selera jika dibandingkan dengan minyak kelapa sawit pada umumnya.

2. Mentega
Mentega menjadi salah satu bahan yang sangat familiar untuk dimanfaatkan sebagai bahan untuk menggoreng. Sifat mentega yang mudah meleleh sangat cocok untuk digunakan dalam menumis dan juga menggoreng. Selain itu, penggunaan mentega juga cocok untuk memberikan cita rasa yang lebih gurih dan asin.

Baca juga:  Yuk Belajar Bahasa Kucing, Meong....

3. Minyak zaitun
Selanjutnya ada minyak zaitun, minyak yang serbaguna ini dapat dimanfaatkan untuk menggoreng. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan tingginya antioksidan membuat minyak zaitun baik untuk dikonsumsi secara teratur karena tidak meningkatkan kadar kolesterol jahat.

4. Minyak kacang
Minyak kacang  merupakan salah satu jenis minyak goreng yang juga sehat dengan kandungan lemak nabati. Minyak kacang juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol serta baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, titik asap minyak kacang ini cukup tinggi sehingga minyak ini dapat digunakan untuk menggoreng maupun menumis makanan sehari-hari.

5. Minyak bunga matahari
Tak banyak yang mengetahui, selain dapat dijadikan cemilan kuaci, bunga matahari juga dapat menjadi minyak yang kaya akan vitamin dan nutrisi penting. Kemudian minyak bunga matahari juga mengandung lemak tak jenuh ganda yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Tak hanya itu, minyak ini juga membantu meningkatkan kekebalan dan mencegah penyakit kardiovaskular. Selain itu, minyak ini juga memiliki aroma yang sangat khas.


(NAI)

Berita Terkait