Buka Latgab SAR, Kapolda Jatim: Wujudkan Sinergi dan Kolaborasi yang Baik

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta membuka Latgab SAR di Madiun (Foto / Metro TV) Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta membuka Latgab SAR di Madiun (Foto / Metro TV)

MADIUN : Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta membuka Latihan Gabungan (Latgab) Kemampuan Search And Rescue (SAR) dan Penanganan kebakaran hutan dan lahan di Bendungan Waduk Bening Saradan, Madiun, Rabu 7 April 2021.

Kapolda Jatim irjen Pol Nico Afinta mengapresiasi kegiatan bersama TNI-Polri, BPBD serta Dinas Kehutanan tersebut. Dia berharap latihan bersama ini bisa membangun sinergi lebih baik lagi, terutama dalam penanganan bencana.

"Saya dengan bapak Pangdam dan Ibu Gubernur seringkali mengalami, bahwa komunikasi yang baik, koordinasi yang baik akan mewujudkan kolaborasi yang baik. Tidak ada permasalahan yang tidak selesai selama hal tersebut dapat kita laksanakan," katanya.

Sebelum membuka Latgab SAR, Nico bersama rombongan napak tilas dengan berjalan dari pintu gerbang Waduk Bening menyusuri hutan belantara sejauh 4 kilometer. Mantan Kapolda Kalimantan Selatan tersebut juga mengenakan seragam Brimob, lengkap dengan senjata.

Nico dan rombongan juga membentangkan Bendera Merah Putih menanjak ke arah bendungan. Pengibaran bendera ini menunjukkan semangat bersama. "Penting dari setiap kegiatan adalah kemauan hati di dalam melakukan operasi kebersamaan," ujarnya.

Diketahui, Latgab SAR ini diikuti oleh 110 personel terdiri atas 40 personel TNI, 20 personel Brimob, 30 personel dari Polres Nganjuk, Madiun dan Madiun Kota, 5 personel BPBD, 5 personel Damkar dan 10 personel Perhutani.

Mereka akan mendapatkan pelatihan dari para instruktur dan narasumber dari TNI maupun Polri, BPBD, dan Dinas Kehutanan, serta Pemadam Kebakaran yang selama ini telah berpengalaman dalam tugas operasional.

Pembukaan Latgab SAR juga dihadiri oleh Danrem 081/Dhirotsaha Jaya, kepala bidang kedaruratan dan logistik BPBD Provinsi Jatim, bupati Madiun, Dandim 0803/Madiun, Dandim 0810/Nganjuk, kapolres Madiun, kapolres Madiun Kota, kapolres Nganjuk, wakil wali Kota Madiun dan kepala kesatuan pemangku hutan Madiun.

 


(ADI)