Bocah Penjual Donat Terobos Grahadi Temui Khofifah, Ada Apa?

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menemui Rangga Supriyadi,bocah penjual donat keliling di Surabaya (Foto / Reno Reksa / Metro TV) Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menemui Rangga Supriyadi,bocah penjual donat keliling di Surabaya (Foto / Reno Reksa / Metro TV)

SURABAYA : Pagi ini Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawanswa mendapatkan tamu tak terduga. Seorang bocah nekad menerobos Gedung Negara Grahadi untuk menemui orang nomor 1 di Jatim itu. Dia masuk dengan pakaian sederhana sambil naik sepeda.    

Adalah Rangga Supriyadi, bocah penjual donat dan kue kering berusia 11 tahun yang berani menerobos Gedung Negara Grahadi untuk menawarkan jajanannya. Sontak hal ini membuat Khofifah agak kaget. Namun, mantan Mensos itu menerima Rangga dengan baik.

Khofifah lantas memborong donat dan kue kering itu. Menurutnya sosok Rangga adalah contoh bagi seluruh masyarakat agar mau bekerja keras.

"Rangga adalah contoh perjuangan keras untuk seluruh masyarakat. Dia mau membantu orang tuanya tanpa paksaan" kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Rabu 31 Maret 2021.

Meski begitu, Khofifah berpesan kepada Rangga untuk tidak meninggalkan pendidikannya. Rangga diketahui adalah siswa kelas 5 di SD Mardi Sunu, Surabaya.

"Tetap belajar yang pintar ya nak. Jangan tinggalkan sekolahmu," pesan Khofifah kepada anak yang bercita-cita menjadi polisi tersebut.

Di sisi lain, Rangga mengaku telah berjualan donat dan kue sejak pandemi covid-19 berlangsung. Saat itu ayahnya yang berprofesi sebagai penjual sepatu saat pameran, tidak bisa lagi berjualan karena adanya larangan dari pemerintah untuk berkerumun. Sejak itulah, Rangga membantu Ibunya untuk membuat kue sekaligus menjualnya.

"Uang hasil jualan ini buat bayar listrik dan rumah kos mas, buat bantu ayah dan ibu" kata Rangga.

Rangga juga bercerita bahwa setiap hari ia bersepeda keliling Surabaya untuk menjualkan kue kering dan donat bikinan ibunya, mulai jam tujuh pagi hingga pukul lima sore.

"Jam 5 aku sudah pulang, karena jam 6 aku harus ngaji di dekat rumah," tambah Rangga.

Melihat keikhlasan Rangga membantu orang tuanya, Khofifah pun tergerak untuk membantu bocah kelahiran Bandung itu. Khofifah menyerahkan bantuan Rp2 juta untuk Rangga membeli buku dan segala keperluan untuk sekolahnya.
 
"Selain itu, mulai minggu ini juga, setiap hari kerja, saya minta supaya donat buatan Rangga dan ibunya bisa dikirim ke Grahadi. Akan kami beli," pungkas Khofifah.


(ADI)

Berita Terkait