Dinkes Probolinggo Sediakan Puluhan Ribu Dosis Vaksin bagi Pemudik

Foto dok. Vaksinasi pemudik di Kabupaten Probolinggo. Foto: Antara/HO-Diskominfo Kabupaten Probolinggo) Foto dok. Vaksinasi pemudik di Kabupaten Probolinggo. Foto: Antara/HO-Diskominfo Kabupaten Probolinggo)

PROBOLINGGO: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo menyediakan puluhan ribu dosis vaksin khusus bagi pemudik di momen Lebaran 2022. Vaksinasi itu bisa diperoleh di seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

"Kami sediakan 39.484 dosis jenis Sinovac, 24.880 dosis AstraZeneca, dan 22.518 dosis jenis Pfizer," kata juru bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Dewi Vironica, dilansir dari Antara, Sabtu 30 April 2022.

Dewi mengatakan vaksinasi yang tersedia itu bukan hanya difokuskan bagi vaksin dosis ketiga atau booster saja. Tetapi, juga untuk vaksin dosis satu dan dua sehingga puluhan ribu vaksin itu ditargetkan sudah habis sebelum Lebaran.

"Kesiapan vaksinasi tersebut dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo untuk mengantisipasi penyebaran virus corona usai mudik," pungkas Dewi.

Menurut dia, antusiasme masyarakat untuk melakukan vaksinasi sudah mulai meningkat seiring dengan diperbolehkan mudik. Karena itu, banyak masyarakat yang melakukan vaksinasi dosis dua dan booster dengan alasan untuk menjaga imunitas tubuh saat perjalanan mudik.

"Dengan diperbolehkan mudik dengan syarat sudah vaksinasi booster, maka capaian harian vaksinasi dosis dua dan booster telah mencapai 8 ribu sampai 9 ribu dosis. Jika jumlah vaksinasi itu bertahan, maka target vaksinasi akan tercapai," tutur dia.


(UWA)

Berita Terkait