Kepergok, Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Bawa Rokok Melebihi Batas

Calon jemaah haji (CJH) asal Jatim dari tiga kloter tiba di Ahes Surabaya. Medcom.id/Amaluddin Calon jemaah haji (CJH) asal Jatim dari tiga kloter tiba di Ahes Surabaya. Medcom.id/Amaluddin

SURABAYA: Sejumlah calon jemaah haji (CJH) embarkasi Surabaya kepergok membawa rokok melebihi batas saat petugas melakukan pemeriksaan bagasi melalui X-Ray di  Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Selasa 23 Mei 2023.

"Rokok itu boleh dimasukkan ke dalam tas besar, tapi ada batasan tidak boleh lebih dari 200 batang. Ada temuan itu tadi sehingga lebihnya kami amankan," kata Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur, Husnul Maram.

Tak hanya rokok saja, petugas juga menemukan ada power bank melebihi ketentuan yakni batas maksimal 10 miliampere dan beberapa power bank yang ditaruh di dalam tas koper.

BACA: Kumpulkan Uang Selama 40 Tahun, Pasutri Penjual Tahu di Lumajang Pergi Haji

"Untuk yang melebihi batas tidak boleh dibawa, sedangkan power bank yang ada di tas koper harus dipindah untuk ditaruh dalam tas selempang yang dibawa jemaah ke dalam kabin pesawat, " ujarnya.

Husnul Maram menyebut apa yang dilakukan para CJH masih dalam taraf wajar yang mungkin disebabkan karena ketidaktahuan jamaah terkait ketentuan tersebut. Meskipun sebelumnya, pihaknya telah melakukan sosialisasi.

"Mungkin saat manasik dulu atau sosialisasi tidak mendengarkan sehingga memasukkan barang yang tidak diperbolehkan. Seperti power bank harusnya masuk di tas kabin bukan di tas bagasi," ucapnya.


(TOM)

Berita Terkait