Koloni Tawon Vespa Berulah, Warga Tak Berani Garap Sawah

Warga melihat sarang tawon vespa berukuran besar di pohon bambu dekat dengan ladang warga (Foto / Metro TV) Warga melihat sarang tawon vespa berukuran besar di pohon bambu dekat dengan ladang warga (Foto / Metro TV)

PONOROGO : Tawon vespa affinis yang dikenal memiliki sengat berbahaya masih menjadi ancaman bagi sebagian warga. Seperti di Ponorogo, Jawa Timur. Koloni tawon vespa berukuran cukup besar muncul di tengah ladang milik warga. Akibatnya pemilik tanah enggan menggarap sawahnya.

Sarang tawon berukuran cukup besar ini ditemukan di tengah ladang milik warga Desa Manuk, Kecamatan Siman. Sarang itu menggantung pada dahan pohon bambu dengan ketinggian sekitar lima meter dari permukaan tanah.

Lebah berukuran cukup besar dengan gelang warna oranye melingkar di tubuhnya itu tampak keluar masuk sarang saat ada orang berusaha untuk mendekat.

Menurut keterangan warga, sarang tawon ini muncul sejak beberapa tahun lalu. Awalnya masih berukuran kecil, sehingga hanya dibiarkan saja tidak dimusnahkan. Namun belakangan koloni tawon vespa ini menjadi besar dan membuat warga sekitar merasa resah.

"Bahkan pemilik tanah memilih tidak mengggarap tanahnya karena khawatir diserang tawon," kata salah satu warga, Mohammad Subaweh.

Dari beberapa kasus di daerah lain, tawon vespa affinis dilaporkan telah menyebabkan sejumlah orang meninggal dunia akibat racun pada sengatnya. Untuk menghindari hal tersebut rencananya sarang tawon ini akan segera dimusnahkan agar tidak mengganggu warga sekitar.

 


(ADI)