Keramas Pakai Kopi Bisa Mengatasi Rambut Rontok, Masak Iya?

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS.ID: Keramas menggunakan campuran sampo dan kopi kabarnya bisa mengatasi rambut rontok. Bahkan, cara ini sempat viral dan menjadi trending di TikTok. Masak iya?

Melansir dari L'oreal Paris, ada sejumlah penelitian yang menunjukkan hubungan antara kafein dan kerontokan rambut dan hasilnya menyatakan bahwa kopi memang terbukti memberikan beberapa manfaat untuk rambut, seperti:

Membuat rambut kembali tumbuh

Pusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika (NCBI) menemukan bahwa kopi secara langsung mengaktifkan sel-sel di folikel rambut dengan melepaskan molekul yang bersifat memerangi DHT. Hal ini membantu mengurangi rambut rontok dan membuat akar rambut menjadi lebih kuat.

BACA: Bekerja Lebih Cepat dengan Ponsel Lipat

Penelitian ini juga menguji efek kafein pada folikel rambut perempuan dan menemukan manfaat kopi untuk rambut perempuan. Karena kafein bersifat stimulan, kafein dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut yang dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih kuat. Selain itu, kafein juga membantu memperpanjang durasi anagen, yaitu tahap pertumbuhan rambut.

Tekstur rambut lebih lembut dan berkilau

Manfaat kopi untuk rambut juga dapat dirasakan oleh rambut yang kusam, rapuh, dan kering. Kandungan flavonoid pada kopi bersifat antioksidan yang membantu mendorong terjadinya regenerasi rambut.

Sementara, kafein pada kopi bermanfaat untuk mempertahankan kelembapan rambut sehingga menjadi lembut, berkilau, dan tidak mudah rontok akibat patah.

Mengeksfoliasi kulit kepala

Manfaat kopi untuk rambut lainnya adalah mengeksfoliasi kulit kepala. Kamu dapat membuat scrub rambut dari bubuk kopi yang dapat digunakan untuk proses eksfoliasi. Scrub ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit kepala. Kandungan asam pada kopi juga dapat menyeimbangkan level pH pada rambut dan kulit kepala.

 


(TOM)