Pencarian Putra Ridwan Kamil Berlanjut, Tim SAR Gunakan Metode Penyelaman

Dubes Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad (tengah) dalam konferensi pers terkait hilangnya putra sulung Ridwan Kamil, Sabtu, 28 Mei 2022. Foto: Medcom.id/Dok. Kemenlu RI Dubes Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad (tengah) dalam konferensi pers terkait hilangnya putra sulung Ridwan Kamil, Sabtu, 28 Mei 2022. Foto: Medcom.id/Dok. Kemenlu RI

BERN: Operasi pencarian putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, kembali dilanjutkan pada Sabtu, 28 Mei 2022. Pencarian, dilakukan pukul 08.30 waktu Swiss atau pukul 13.30 WIB.

Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad, mengatakan pencarian Eril dilakukan dengan metode yang lebih intensif. Tim SAR mencari Eril menggunakan perahu, drone, dan penyelaman.

"Hari ini (28 Mei  2022), tim SAR masih akan melanjutkan upaya pencarian Eril dengan metode pencarian yang lebih intensif, dengan perahu atau boat search, penyusuran drone thermal, dan penyelaman," ujar Muliaman, dilansir dari Medcom.id, Sabtu, 28 Mei 2022.

Dia mengatakan, untuk penyelaman tersebut akan tergantung pada situasi di lapangan. Situasi yang dimaksud adalah kejernihan air sungai.

BACA: Anak Gubernur Ridwan Kamil Hilang Terseret Arus

Pasalnya, air Sungai Aare atau lokasi hilangnya Eril di musim ini terdiri dari salju yang juga mencair. Menurut Muliaman, salju yang mencair memiliki kristal dan itu penyebab airnya keruh.

"Pada dasarnya, pihak otoritas memberikan atau menyampaikan metode yang sesuai dengan kondisi setempat," tutur dia.

Lokasi pencarian hari ini akan dilakukan hingga ke Walensee yang mencakup delapan kilometer wilayah Sungai Aare. Pencarian akan dilakukan hingga selesai, sesuai dengan kondisi dan perkembangan di lapangan.

Eril dilaporkan hilang saat tengah berenang bersama adik dan kawannya  di Sungai Aare, Kamis, 26 Mei 2022, pukul 09.40 waktu Swiss. Saat itu, keluarga sedang berada di Swiss untuk mencari kampus yang tepat bagi Eril melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.


(UWA)

Berita Terkait