Anti Ngeblank! Ini Tips Latihan Public Speaking Pakai Teknik Adlibbing

Ilustrasi Public Speaking/Sumber: m.prIndonesia.com Ilustrasi Public Speaking/Sumber: m.prIndonesia.com

CLICKS: Perkembangan zaman saat ini membuat keahlian berbicara di depan umum atau public speaking menjadi kemampuan yang wajib dimiliki setiap orang. Namun, menjadi pembicara di muka umum hal bukan perkara mudah, terkadang kita suka lupa dan terdiam dalam menyampaikan suatu pesan.

Ada banyak cara untuk mengatasi blank saat sedang melakukan public speaking, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan cara teknik Adlibbing. Namun, teknik yang satu ini berbeda dengan adlibs (membacakan iklan) pada radio dan adlibbing dalam bidang olah vokal.  

Dihimpun dari berbagai sumber, adlibbing merupakan adalah kemampuan berbicara tanpa naskah, sehingga Anda dapat berimprovisasi terhadap topik tertentu dengan gaya yang Anda miliki. Teknik ini cukup populer di dunia penyiaran khususnya radio.

Dilihat dari sejarahnya, adlibbing bermula dari kata ad libitum yang konon berasal dari bahasa latin. Ad libitum memiliki arti spontan atau bisa juga disebut penuh dengan improvisasi.

Baca juga: Sangar, Chevrolet Rakit Mesin Mobil 10.000 Cc

Berikut ini cara Anda untuk melatihnya:

1. Pertama, pilih satu kata apa saja. Boleh orang, topik tertentu, benda, dan lainnya.
2. Setelah dapat kata tersebut, coba ceritakan atau deskripsikan objek tersebut. Tidak perlu lama hanya satu menit saja. Namun, dengan berimprovisasi dan tanpa naskah.

Contohnya, buku menjadi pilihan kata. Latih diri Anda dengan bercerita tanpa teks tentang buku dalam satu menit. Jangan baca naskah maupun mempersiapkan contekan sedikit pun.  

Dengan melakukan latihan seperti itu, nantinya otak Anda akan terlatih untuk terus mengeluarkan kata-kata lho. Sehingga kedepannya komunikasi Anda di depan publik menjadi lancar dan terhindar dari blank.

Nah, itulah cara singkat untuk meningkatkan kualitas public speaking Anda dengan Adlibbing. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


(NAI)

Berita Terkait