Sambut Ramadan, Cuci Karpet Masjid di Umbulan hingga Pelajar Pawai Akbar

Tradisi cuci karpet masjid jelang Ramadan (Foto / Istimewa) Tradisi cuci karpet masjid jelang Ramadan (Foto / Istimewa)

PASURUAN : Warga berbondong-bondong mencuci karpet, tikar, hingga sajadah masjid di mata air Umbulan di Kabupaten Pasuruan, Senin 20 Maret 2023. Ini merupakan tradisi unik yang kerap dilakukan warga Pasuruan menjelang Ramadan.

Satu per satu karpet dicuci ramai-ramai dengan diberi detergen dan dibasuh di mata air Umbulan. Salah seorang warga, Ahmad, mengatakan masyarakat biasa membersihkan dan mencuci karpet di sumber air Umbulan menjelang Ramadan. "Cuci karpet masjid, menyambut Ramadan. Bisa dibilang tradisi juga," ujar Ahmad.

Sementara itu, warga lainnya, Abdul Kodir, mengatakan tradisi ini telah berlangsung selama puluhan tahun. Warga yang datang, kata dia, berasal dari berbagai desa di Pasuruan, Probolinggo, hingga Sidoarjo. "Setiap bulan puasa warga kompak ke sini, cuci karpet untuk persiapan Ramadan, sudah menjadi tradisi," kata Kodir.

Sementara itu, di Jombang ribuan pelajar dari berbagai sekolah Islam se-Kabupaten Jombang mengikuti pawai akbar menyambut Ramadan. Para pelajar antusias mengikuti pawai sambil mengenakan busana adat dan Muslim. Mereka berjalan kaki keliling Kota Jombang mulai dari alun-alun mengambil rute ruas Jalan Wahid Hasyim, Taman Kebon Rojo, Jalan Dr Sutomo, hingga finis di Desa Sengon.

baca juga : Jelang Ramadan, Puluhan Warga Bondowoso Antusias Ikut Program Hapus Tato Gratis

Para pelajar juga membawa berbagai ornamen khas Islam serta poster berisi ajakan kepada masyarakat untuk berpuasa saat Ramadan. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Senen, mengatakan total ada sekitar 2.000 pelajar yang mengikuti pawai tersebut.

"Kita menggelar pawai dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan," kata Senen. Senen berharap kegiatan tersebut dapat menjadi motivasi bagi para pelajar untuk memperbanyak ibadah saat Ramadan.

"Harapan kami bisa dilatih untuk berpuasa, peran serta orang tua di rumah agar anak-anak diajak beribadah dan didampingi," pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait