Nasdem Sebut Ada 5 Nama Kandidat Bakal Cawapres Anies Baswedan

Anies Baswedan saat menyapa warga Surabaya (Foto / Istimewa) Anies Baswedan saat menyapa warga Surabaya (Foto / Istimewa)

JAKARTA : Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto mengungkapkan saat ini ada lima nama kandidat bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang. Namun seluruh keputusan ada di tangan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

“Sekarang sudah ada 5 kandidat yang sudah mengerucut,” katanya, Rabu 3 Mei 2023.

Meski begitu, Sugeng belum mau membeberkan lima nama kandidat kuat yang akan menjadi calon Wakil Presiden Anies Baswedan. “Tetapi bahwa siapa-siapanya, sekali lagi secara etis belum bisa disebut di sini. Bagian dari strategi kita, kita juga menunggu kandidat dalam lain siapa, sehingga nanti kita bisa ada pertimbangan-pertimbangan strategis kalau kita menunjuk satu dan lain Calon Wakil Presiden kita,” ujarnya.

Sugeng mengatakan bahwa cawapras yang akan menjadi pendamping Anies Baswedan harus bisa menjadi Dwi Tunggal dan bisa menambah elektabilitas. “Wakil Presiden adalah sudah barang tentu merupakan pasangan yang dengan syarat-syarat yang sudah kami cantumkan, syaratnya tidak muluk-muluk yang penting bisa menjadi Dwi Tunggal dalam arti yang sebenarnya. Bisa menambah elektabilitas dan seterusnya,” ucapnya.

baca juga : Begini Suasana Kantor MUI Pusat Pasca Penembakan

Namun, Sugeng memastikan bahwa seluruh keputusan ada di tangan Anies Baswedan sebagai capres. Meskipun saat ini terus dilakukan diskusi dengan sejumlah tokoh-tokoh baik agama, pendidikan, ekonomi, hingga pengusaha.

“Jadi jelas ya dalam piagam itu menyerahkan kepada Anies Rasyid Baswedan. Tetapi juga kami terus saling namanya diskusi ya, kami ini tim 8 lah katakanlah, ada 8 orang ditambah pak Sudirman Said itu melakukan diskusi-diskusi dengan sejumlah tokoh, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh juga ekonomi, pengusaha dan sebagainya,” pungkasnya.


(ADI)