Festival Film Internasional Busan Akan Dihelat Langsung pada Oktober 2022

Poster dari Festival Film Internasional Busan (BIFF) 2022. (https://www.biff.kr/eng/) Poster dari Festival Film Internasional Busan (BIFF) 2022. (https://www.biff.kr/eng/)

Festival Film Internasional Busan (BIFF) tahun ini akan sepenuhnya kembali digelar secara langsung pada bulan depan, Oktober 2022. Acara ini adalah perhelatan langsung pertama festival setelah tahun-tahun pandemi, tanpa adanya aturan jaga jarak sosial di semua segmen acara, termasuk upacara pembukaan dan penutupan.

Dilansir dari Antaranews.com pada Kamis, 8 September 2022, salah satu festival film terbesar di Asia itu akan diadakan dari 5-14 Oktober 2022 di Busan. Acara tersebut akan menampilan 243 film dari 71 negara. Seleksi 2022 akan ditayangkan di tujuh bioskop di busan, termasuk Busan Cinema Center, tempat utama dari BIFF.

BIFF mengatakan bahwa semua acara dan pemutaran yang direncanakan akan diadakan dengan kapasitas penuh atau 100 persen, seperti pada tahun-tahun sebelum pandemi.

Tahun sebelumnya, upacara pembukaan secara langsung berlangsung dengan ketat sesuai dengan pedoman jarak sosial. Serta, aturan kekosongan kursi tengah diberlakukan di semua bioskop dalam ruangan.

Film drama Iran “Scent of Wind” karya Hadi Mohaghegh akan membuka BIFF tahun ini. Karya sutradara Jepang, Kei Ishikawa dengan judul “A Man” akan ditayangkan sebagai penutup.

Dua film akan ditampilkan di Gala Presentation yang bergengsi bersama dengan “Nobody’s Hero” oleh Alain Guiraudie dari Prancis dan “Scarlet” oleh Pietro Marcello dari Italia.

Pada bagian kompetisi “New Current” tahun ini, sebanyak 20 film termasuk “A Wild Roomer” oleh sutradara Korea Lee Jeong-hong, “Shivamma” oleh Jaishankar Aryar dari India, dan “Thousand and One Nights” oleh Nao Kubota dari Jepang akan bersaing untuk memperebutkan penghargaan kategori tersebut.

Sembilan serial drama, termasuk “Yonder” karya sutradara Korea Lee Joon-ik, “Connect” karya pembuat film Jepang Takeshi Mike, dan miniseri Lars von Tier “The Kingdom Exodus”, akan ditampilkan di bagian “On Screen”. Segmen itu diluncurkan tahun lalu untuk memperkenalkan serial original berkualitas yang diproduksi oleh platform streaming.

BACA: Kevin Ardilova: Bangga Banget Film 'Autobiography' Masuk Festival Venice


(SUR)

Berita Terkait