Tebing Longsor di Bojonegoro Ancam Rumah Warga

Warga menutupi tebing longsor dengan terpal. (metrotv) Warga menutupi tebing longsor dengan terpal. (metrotv)

BOJONEGORO: Curah hujan tinggi selama sepekan terakhir membuat tebing Sungai Mekuris di Kabupaten Bojonegoro longsor sepanjang lebih dari 30 meter. Kondisi ini mengancam pemukiman warga.

Dari pantuan di lokasi, Selasa 4 Januari 2022, kondisi tebing Sungai Mekuris yang longsor terletak di Dusun Dungmas, Desa Kedungrejo, Kecamatan Sumberrejo. Kondisi ini mengancam sejumlah rumah warga. Bahkan beberapa pondasi teras dan halaman rumah warga sebagian sudah amblas akibat tergerus longsor.

"Saat ini, pemerintah desa bersama BPBD Bojonegoro telah melakukan penanganan darurat dengan cara memasang terpal, bronjong kawat serta potongan bambu di sepanjang titik yang mengalami longsor, " ujar Bambang, perangkat desa Kedungrejo.

BACA: Rusak Tahunan, Jalan Masuk Pabrik Gula RMI Blitar Ditutup Paksa Warga

Longsornya tebing sungai ini mengancam tiga rumah.  Masing-masing milik Arbain, Suhadak dan Rokhani. Sebab, jaraknya sangat dekat dengan sungai.  Paling parah adalah rumah milik Arbain. Bagian depan rumah telah menggantung lantaran bagian pondasi rumah telah amblas tergerus air.

"Para pemilik rumah telah diminta untuk mengosongkan rumahnya, terutama saat terjadi hujan deras maupun ketika malam hari. Ini dilakukan demi keselamatan mereka dari ancaman longsor yang lebih parah atau hal-hal yang tak diinginkan, " ujarnya.


(TOM)

Berita Terkait