Jabar Juara Umum PON XX/Papua, Jatim Terancam!

pasangan atlet biliar DKI Jakarta, Fathrah Masum/Desi Arista melaju ke final Biliar 9 Ball Double Putri usai mengalahkan Jawa Timur, Rabu (13/10/2021). Foto: Humas PPM/Sevianto Pakiding pasangan atlet biliar DKI Jakarta, Fathrah Masum/Desi Arista melaju ke final Biliar 9 Ball Double Putri usai mengalahkan Jawa Timur, Rabu (13/10/2021). Foto: Humas PPM/Sevianto Pakiding

JAYAPURA: Gelar juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/Papua sudah dipastikan jatuh ke kontingen Jawa Barat. Meski masih tersisa 32 pertandingan lagi, namun perolehan medali emas Jabar sudah tak bisa dikejar.

Hingga Rabu malam, 13 Oktober 2021, perolehan medali Jabar melesat meninggalkan pesaing utamanya Jawa Timur yang berada di peringkat dua. Jabar mendulang 125 medali emas, 97 perak dan 111 perunggu.

Jabar unggul 19 emas dari Jatim dengan torehan 106 emas, 86 perak dan 78 perunggu. Justru posisi Jatim masih bisa digusur DKI Jakarta yang berada di posisi ketiga. Kontingen Ibukota ini hanya tertinggal 7 emas dengan Jatim. Rinciannya, 99 medali emas, 87 perak dan 96 perunggu.

Sepanjang pertandingan pada Rabu, atlet-atlet Jabar berhasil menambah 15 medali emas dari sejumlah cabang olahraga. Di antara momen penting kemenangan Jabar adalah di cabang bulu tangkis yang mempertandingkan lima nomor final perorangan.

Jabar meraup tiga medali emas, masing-masing melalui Saifi Riska Nurhidayah dari nomor tunggal putri, Panji Ahmad Maulana di tunggal putra, dan pasangan ganda putra Pramudia Kusumawardana/Muhammad Shohibul Fikri.

Dua nomor final lainnya diborong oleh Jatim lewat Rehan Naufal Kusharjanto/Marsheilla Gischa Islami di nomor ganda campuran, serta Febriana Dwi Puji Kusuma/Marsheilla Gischa Islami pada ganda putri.

Aliran medali emas bagi kontingen Tanah Pasunda ini juga datang dari berbagai cabang, salah satunya angkat berat yang tiga lifternya merebut emas, yakni Imam Syahrudin di kelas 105 kg putra, Maria Simanjuntak kelas 84 kg putri dan Aneu Veronika di kelas 72 kg putri.

Demikian juga di cabang catur, Jabar menjadi juara di nomor bergengsi beregu standar putra, perorangan standar putri atas nama Irine Sukandar, dan beregu standar putri.

Di antara cabang yang menjadi kunci kesuksesan Jabar adalah dayung yang telah menyelesaikan lomba terakhirnya hari Rabu ini.

Dari 40 keping medali emas yang disediakan di cabang dayung, Jabar secara keseluruhan mengumpulkan 20 medali emas, termasuk emas di nomor perahu naga 22 kru jarak 500 meter campuran yang dilombakan di hari terakhir.

Melihat posisi daerahnya yang masih kokoh di puncak klasemen, Gubernur Ridwan Kamil menyatakan optimistis kontingen Jabar bisa kembali menjadi juara umum PON, seperti saat menjadi tuan rumah PON 2016.

"Harusnya kalau tidak ada halangan kita bisa meraih lagi juara umum. Kalau terjadi ya ini bukti bahwa kita bukan jago kandang," katanya.

Bahkan, Jabar berpeluang untuk menambah medali emas pada nomor-nomor final yang dipertandingkan Kamis 14 Oktober 2021.  Di antaranya di cabang atletik, renang, angkat berat, bola tangan, selam, dan karate.

 

 

 


(TOM)

Berita Terkait