Suramadu Rusuh Lagi, Pos Penyekatan Dilempari Petasan

Sejumlah pengendara berusaha menerobos petugas di Pos Penyekatan Suramadu. (ist) Sejumlah pengendara berusaha menerobos petugas di Pos Penyekatan Suramadu. (ist)

SURABAYA: Kericuhan kembali terjadi di Pos Penyekatan Suramadu sisi surabaya. Sejumlah pengendara dari Madura menerobos petugas hingga melempar petasan, Selasa pagi 22 Juni 2021. 

Awalnya, warga menolak antre untuk diswab. Mereka  nekat  menerobos menggunakan sepeda motor hingga ke tenda tempat layanan tes swab.  Kericuhan pecah saat massa melempar petasan ke arah tim medis. 

Melihat situasi memanas, petugas keamanan terpaksa membubarkan massa untuk menyelamatkan tenaga kesehatan dan alat-alat medis pendukung tes swab. 

Sementara dari video amatir  terlihat petugas kemanan dari polisi dan TNI mengamankan salah seorang warga karena diduga menerobos pengamanan  dan berusaha kabur melalui tenda tes swab. Massa juga melempar petasan ke arah petugas.

BACA: Demo! Warga Madura Tolak Penyekatan Suramadu dan Swab Massal

Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kompol Wahyu Hidayat mengatakan kericuhan  tersebut terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Saat itu,  pola penyekatan sudah dilakukan petugas gabungan dengan ketat. 

Namun banyak pengendara dari arah Madura yang memilih berkumpul terlebih dulu di jembatan Suramadu agar bisa bergerombol saat memasuki pos penyekatan Suramadu.  

"Tujuannya untuk membuat petugas kewalahan dan terjadi penumpukan kendaraan. Sehingga tidak dilakukan pemeriksaan dan tes swab massal oleh petugas. Warga beralasan terburu-buru untuk masuk kerja di Surabaya," ujarnya.  

Polisi menduga ada provokator yang memaksa kendaraan mereka menerobos penjagaan dan melemparkan petasan ke arah petugas sehingga terjadi kericuhan. 


(TOM)

Berita Terkait