Pesawat Amerika dan Rusia Parkir di Juanda, TNI Perketat Keamanan!

 Pesawat Amerika Serikat parkir di Bandara Juanda, Surabaya/metrotv Pesawat Amerika Serikat parkir di Bandara Juanda, Surabaya/metrotv

SIDOARJO: Puluhan personel TNI Angkatan Laut dan Angkatan Udara, memperketat pengamanan Aproan Bandara Juanda Surabaya di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa 15 November 2022.

Komandan Lanudal Juanda, Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo mengatakan pengetatan pengamanan dilakukan karena ada 17 pesawat dari 12 negara peserta KTT G 20 yang saat ini diparkir di Bandara Juanda.

Belasan pesawat asing terlihat diparkir di aproan terminal 1 dan terminal 2 Bandara Juanda. Diantaranya pesawat milik negara Amerika Serikat, Kanada, Spanyol, Afrika Selatan, Rusia, Belanda, Inggris, Senegal dan Rwanda.

"Guna menjaga keamanan pesawat-pesawat negara peserta KTT G 20, sebanyak 71 personel TNI disiagakan bergantian selama 24 jam. Personel gabungan TNI berjaga di aproan sekitar pesawat parkir," ujarnya

BACA:  Tidak Hadir di G20 Bali, Presiden Putin Takut Dibunuh?


Menurut rencana, pesawat-pesawat tersebut akan diparkir di Bandara Juanda hingga 17 November mendatang. Bandara Juanda merupakan salah satu bandara pendukung, yang digunakan untuk parkir pesawat peserta KTT G 20 yang diselesaikan di Bali.

Sementara untuk para kru pesawat, menginap di sejumlah hotel bintang lima, di Kota Surabaya. Terkait pengamanan kru pesawat, TNI telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan instansi terkait lainnya.

 


(TOM)