Viral, Lambang Sila Keempat Diganti Logo PDIP Saat Pembelajaran

Lambang logo PDIP menggantikan lambang banteng di sila keempat viral di medsos (Foto / Istimewa) Lambang logo PDIP menggantikan lambang banteng di sila keempat viral di medsos (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Program ‘Belajar dari Rumah Bersama Guruku’ di salah satu stasiun televisi lokal Surabaya sontak jadi perbincangan warganet. Penyebabnya, guru tersebut melakukan kelalaian dengan mengganti lambang sile keempat menjadi logo PDIP.

Tampilan tersebut pertama diunggah akun Twitter @candra_ds. Dalam cuitannya, @candra_ds mengomentari tentang gambar yang salah.

“Kesalahan sangat fatal pada materi program pembelajaran GURUku untuk kelas 1 SD disiarkan @sbotv pagi ini tgl 8 September 2020. Lambang sila 4 kepala banteng, tapi gambarnya lambang PDI-P,” cuitnya.

Cuitan itupun, langsung mendapat respon cukup ramai. Salah satunya, @bashfullllL yang bercuit “Jadi ‘Kerakyatan yang dipimpin megawati sukarno putri dalam permusyawaratan/perwakilan”, tulisnya. 

Sementara itu, Kepala Dindik Kota Surabaya, Supomo mengatakan, guru yang menyampaikan materi Pancasila tersebut merupakan guru pengganti. Guru utama mendadak sakit. Namun Supomo menyebut bahwa guru yang menyampaikan materi Pancasila itu guru terbaik.

"Kemungkinan dia menyiapkan materinya tergesa-gesa karena bukan jadwalnya mengajar,” katanya, Rabu 9 September 2020.

Supomo mengaku belum mendapatkan info tentang penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Namun, waktu yang mepet diduga menjadi pemicunya.

“Kemungkinan dia searching ngambil di Google,” katanya.

Supomo menjelaskan, pada program ‘Belajar dari Rumah Bersama Guruku’ di SBOTV, materi belajaran disiapkan oleh masing-masing guru. Materi tersebut kemudian disalin di laptop dan ditayangkan saat proses belajar berlangsung.

"Seluruh materi tersebut diambil dari buku paket, sehingga dia memastikan tidak keluar dari buku tersebut," tandasnya. 


(ADI)

Berita Terkait